SKRIPSI PIAUD
Pelaksanaan Pembelajaran Komputer Dalam Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak Tunagrahita Kelas B Di PAUD Holistic Inklusi Pelangi Pekalongan
Bahwa siswa tunagrahita adalah siswa yang menunjukan kecerdasan di
bawah rata-rata dan terjadi pada masa perkembangan, sehingga mengalami
kesulitan dalam belajar dan berperilaku.Untuk Pembelajaran teknologi komputer
pada anak usia dini dilakukan hanya sebatas mengenal perangkat komputer
sebagai teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia. Indikator dalam
penelitian ini meliputi menekan tombol keyboard, memengang kursordan
mengkoordinasikan anatara mata dan tangan.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah:
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran komputer dalam mengembangakn motorik
halus pada anak tunagrahita kelas B di PAUD Holistic Inklusi Pelangi
Pekalongan? Dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam
melaksanakan pembelajaran komputer pada anak tunagrahita kelas B di PAUD
Holistic Inklusi Pelangi Pekalongan.
Dalam memahami persoalan tersebut, penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research).
Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi
dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pembelajaran komputer dapat
mengembangkan motorik halus pada anak tunagrahita kelas B di PAUD Holistic
Inklusi Pelangi Pekalongan. Mulai dari aspek perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi. Metode yang digunakan metode deomntasi dengan pendekatan learning
by doing. Metode tersebut memudahkan seorang guru dalammenyampaikan
materi kepada anak tunagrahita. dengan metode ini anak terlibat langsung dalam
proses pembelajaran.
19SK1924025.00 | SK PIAUD 19.025 SYA p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain