SKRIPSI PIAUD
Manajemen Kelas Pendidikan Anak Usia Dini Di Kelompok A KB Kuncup Melati Batiombo Kecamatan Bandar Kabupaten Batang
Mengingat pendidikan sangat penting bagi kehidupan manusia maka guru
wajib menguasai dalam manajemen kelas. Demikian pula pada lembaga
pendidikan anak usia dini perencanaan pengelolaan kelas meliputi penataan
ruangan dan pengorganisasian peserta didik sesuai dengan kebutuhan. Raka Joni
mengungkapkan pengelolaan kelas adalah segala kegiatan guru di kelas yang
menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadiya proses
belajar.
Rumusan masalah penulis ajukan dalam penelitian ini adalah Bagaimana
manajemen kelas pendidikan anak usia dini di kelompok A KB Kuncup Melati
Desa Batiombo Kecamatan Bandar Kabupaten Batang, Apa saja faktor pendukung
dan penghambat manajemen kelas anak usia dini di kelompok A KB Kuncup
Melati Desa Batiombo Kecamatan Bandar Kabupaten Batang.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis
penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan
observasi, wawancara dan dokumen. Jenis analisis yang digunakan yaitu model
Miles dan Huberman antara lain: pengumpulan data, proses reduksi data, proses
peyajian data, kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa langkah manajemen
kelas pendidikan anak usia dini di kelompok A antara lain: Merencanakan
Pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran, memilih materi pokok
pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran, dan melaksanakan
pembelajaran. Serta faktor pendukungnya adalah kondisi fisik kelas, kondisi
sosio-emosional, dan kondisi organisasional. Sedangkan faktor penghambatnya
adalah tipe kepemimpinan guru, peserat didik, dan fasilitas.
19SK1924024.00 | SK PIAUD 19.024 MUL m | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain