SKRIPSI PGMI
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Amongrogo 01 Kecamatan Limpung Kabupaten Batang Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018
Matematika merupakan mata pelajaran yang di UAN-kan baik ditingkat SD, SMP, maupun SMA, namun pelajaran ini sering dianggap suatu pelajaran yang sulit dan bahkan menjadi membosankan, sehingga kenyataan yang kita hadapi di lapangan nilai Matematika berada dibawah nilai dari pelajaran lainnya. Hal ini menunjukkan pembelajaran Matematika di sekolah masih memerlukan perhatian khusus bagi peningkatan hasil belajar Matematika sesuai dengan harapan kita dan tujuan pemerintahan dalam dunia pendidikan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Bagaimana prestasi belajar matematika siswa kelas V SD N Amongrogo 01 Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. 2) apa saja upaya-upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD N Amongrogo 01 Kecamatan Limpung Kabupaten Batang, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD N Amongrogo 01 Kecamatan Limpung Kabupaten Batang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dengan mengumpulkan data, memilah dan menarik kesimpulan dari hasil data yang diperoleh.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, siswa kelas V dengan adanya upaya-upaya yang diberikan oleh guru dalam meningkatkan prestasi belajar tersebut, siswa menjadi mau belajar, terbiasa memecahkan masalah pada soal-soal yang guru berikan sehingga dengan sendirinya siswa akan terlatih dan menjadi paham dengan sendirinya, setelah siswa-siswa tersebut terbiasa menghadapi soal-soal (PR) yang guru berikan maka lambat laun siswa tersebut akan menyukai mata pelajaran tersebut sehingga akan menghasilkan nilai yang baik. Adapun upaya yang guru berikan yaitu: pengembangan sikap dan kebiasaan belajar untuk mencari informasi dari berbagai sumber belajar, bersikap terhadap guru dan nara sumber lainnya, mengikuti pelajaran sehari-hari, mengerjakan tugas (PR) dan mengembangkan keterampilan belajar. Pengembangan disiplin belajar dan berlatih, baik secara mandiri maupun kelompok. Pemantapan dan pengembangan penguasaan materi pelajaran di SD. Adapun faktor pendukung dan penghambatnya ada dua yaitu: faktor internal dari dalam diri siswa itu sendiri dan faktor eksternal yang berasal dari luar. Faktor internal seperti faktor fisiologis dan psikologis. Untuk faktor eksternal seperti, faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah, dan faktor lingkungan masyarakat.
19SK1923168.00 | SK PGMI 19.168 PRA u | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain