SKRIPSI PGMI
Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V Pada Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Di MIS Tegalrejo Pekalongan
Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran IPA yang berlangsung di kelas V MIS Tegalrejo Pekalongan pada awalnya guru menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan semua materi IPA, namun hasil belajar yang dicapai siswa kurang maksimal. Untuk mensiasati hal tersebut guru mencoba memberikan inovasi pembelajaran kepada siswa yaitu menggunakan metode eksperimen, dimana dalam metode ini diharapkan siswa lebih aktif dalam berdiskusi dan bisa mencobakan langsung materi yang dipelajari sehingga siswa dapat memahami materi yang diajarkan dengan lebih baik.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah adakah pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V pada tema 2 udara bersih bagi kesehatan di MIS Tegalrejo Pekalongan? seberapa besar pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V pada tema 2 udara bersih bagi kesehatan di MIS Tegalrejo Pekalongan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V pada tema 2 udara bersih bagi kesehatan di MIS Tegalrejo Pekalongan dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V pada tema 2 udara bersih bagi kesehatan di MIS Tegalrejo Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta sebagai bahan referensi atau rujukan khususnya berkaitan dengan pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa.
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian yang dilakukan adalah adanya pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa, dimana nilai ttest= 5,835 pada tingkat signifikansi 5 % (df = n – 2 = 58 – 2 = 56) dengan nilai ttabel = 1,67252 maka ttest = 5,835 > ttabel 1,67252 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa. Besar pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa adalah 43,8%.
19SK1923165.00 | SK PGMI 19.165 RIS p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain