SKRIPSI PGMI
Penerapan Metode Membaca Tanpa Mengeja Kelas I Di MI Islamiyah Toso Kecamatan Bandar Kabupaten Batang
Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh pelajar. Dengan membaca pemikiran siswa akan terbuka dan bisa menambah wawasan bagi seseorang. Keterampilan membaca permulaan sangat berpengaruh terhadap keterampilan membaca lanjut. Rendahnya keterampilan membaca yang dimiliki siswa akan menjadikan proses belajar mengajar terhambat. Maka dari itu, pemilihan metode membaca yang tepat dalam pelaksanaan pembelajaran membaca akan memudahkan peningkatan keterampilan membaca siswa salah satunya dengan menggunakan metode membaca tanpa mengeja.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode membaca tanpa mengeja kelas I di MI Islamiyah Toso Kecamatan Bandar Kabupaten Batang? Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan metode membaca tanpa mengeja kelas I di MI Islamiyah Toso Kecamatan Bandar Kabupaten Batang? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode membaca tanpa mengeja kelas I di MI Islamiyah Toso Kecamatan Bandar Kabupaten Batang dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode membaca tanpa mengeja kelas I di MI Islamiyah Toso Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Kegunaan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu kegunaan secara teoritis dan secara praktis. Secara teoritis diharapkan bisa memberikan gambaran kegiatan membaca melalui metode membaca tanpa mengeja dan penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran membaca. Secara praktis untuk menjadi salah satu bahan pertimbangan dan panduan bagi guru dalam rangka perbaikan dan peningkatan pembelajaran membaca juga sebagai bahan acuan, perbandingan ataupun referensi bagi para peneliti yang akan melakukan penelitian sejenis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa metode membaca tanpa mengeja yang diterapkan di MI Islamiyah Toso adalah metode suku kata atau metode silaba pada jilid 1A, 1B, 2A, dan 2B. Dan metode kalimat (global) pada jilid 3A dan 3B. Penerapan metode membaca tanpa mengeja di MI Islamiyah Toso, meliputi tahap persiapan yang mana guru menyiapkan jurnal atau buku keterangan kemampuan membaca siswa sebelum pembelajaran membaca dilaksanakan. Kemudian tahap pelaksanaan pembelajaran membaca tanpa mengeja dengan menggunakan jilid. Siswa maju satu persatu membaca sesuai jilidnya masing-
viii masing. Dan diakhiri dengan tahap evaluasi yang mana guru melakukan evaluasi sekaligus saat siswa maju satu persatu membaca jilidnya. Adapun faktor pendukung penerapan metode membaca tanpa mengeja kelas I, yaitu dari orang tua serta kesiapan dan motivasi siswa, sedangkan faktor penghambatnya adalah libur sekolah dan pengelolaan waktu.
19SK1923156.00 | SK PGMI 19.156 AZM p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain