SKRIPSI PAI
Peran Kegiatan Kemah Orientasi Siswa Pramuka (KOSPRAM) Dalam Pembentukan Kemandirian Peserta Didik MTS NU Tirto Pekalongan
Pendidikan kepramukaan tentu sudah umum dilaksanakan di berbagai
lembaga-lembaga pendidikan, namun di MTs NU Tirto Pekalongan memiliki
bentuk kegiatan yang di khususkan kepada peserta didik baru yaitu Kemah
Orientasi Siswa Pramuka (KOSPRAM). Dalam kegiatan ini melingkupi sebagian
besar prinsip dasar dan metode kepramukaan yang diterapkan dengan penuh
persiapan sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang efektif dan
menyenangkan bagi peserta didik, sehingga dapat membentuk kemandiriannya.
Oleh sebab itu perlu adanya peran aktif dari berbagai pihak terkait untuk bersamasama
membentuk kemandirian peserta didik, khususnya peserta didik baru MTs
NU Tirto Pekalongan.
Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana strategi pembentukan
kemandirian peserta didik MTs NU Tirto Pekalongan dalam kegiatan Kemah
Orientasi Siswa Pramuka (KOSPRAM). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peran Kegiatan Kemah Orientasi Siswa Pramuka (KOSPRAM) dalam
pembentukan kemandirian peserta didik MTs NU Tirto Pekalongan. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dan wawasan
tentang peran kegiatan Kemah Orientasi Siswa Pramuka (KOSPRAM) dalam
pembentukan kemandirian peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan)
dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi data primer dan
sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara dan observasi terhadap
objek penelitian, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku kegiatan dan datadata
mengenai kegiatan KOSPRAM.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan Kemah
Orientasi Siswa Pramuka (KOSPRAM) MTs NU Tirto Pekalongan berperan
membentuk kemandirian peserta didik, karena kegiatan yang dirancang sesuai
dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan. Pembentukan kemandirian
dengan menciptakan suasana lingkungan bumi perkemahan sarat dengan kegiatan
positif dan terarah sehingga dapat membentuk kemandirian pada setiap peserta
didik sesuai dengan perkembangannya yaitu kemandiriian emosional,
kemandirian tingkah laku dan kemandirian nilai.
19SK1921466.00 | SK PAI 19.466 IDR p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain