SKRIPSI PAI
Upaya Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di SMA Islam Ahmad Yani Batang
Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan memegang peranan penting dalam proses pembinaan karakter religius siswa. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan menggunakan berbagai upaya yang dilakukan dalam membina karakter religius siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih ditemukannya sikap dan perilaku siswa yang kurang mencerminkan nilai-nilai karakter religius dalam keseharian di sekolah. Melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMA Islam Ahmad Yani Batang tersebut sebagai upaya yang dilakukan dalam membina karakter religius siswa.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana upaya pembinaan karakter religius siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagaman di SMA Islam Ahmad Yani Batang? Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat kegiatan ekstrakurikuler keagaman sebagai upaya pembinaan karakter religius siswa di SMA Islam Ahmad Yani Batang? Tujuan penelitian ini yang pertama, untuk mengetahui upaya pembinaan karakter religius siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMA Islam Ahmad Yani Batang. Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam membina karakter religius siswa di SMA Islam Ahmad Yani Batang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di tempat-tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki. Dan dalam penelitian ini yang menjadi tempat penelitian adalah SMA Islam Ahmad Yani Batang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian bahwa keadaan karakter religius siswa di SMA Islam Ahmad Yani Batang belum sepenuhnya bisa dikatakan baik, oleh karena itu perlunya sebuah pembinaan karakter religius bagi siswa. Adapun bentuk kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam upaya pembinaan karakter religius siswa yaitu: mabit (malam bina iman dan takwa) dan seni rebana Islami. Nilai karakter religius dalam kegiatan mabit adalah taat beribadah dalam menjalankan perintah-perintah Allah Swt. Kemudian nilai karakter religius dalam kegiatan seni rebana Islami adalah cinta terhadap Rasulullah Saw dan melaksanakan ajaran-ajaran Rasul. Upaya yang dilakukan dalam pembinaan karakter religius siswa dengan cara memasukkan siraman rohani, keteladanan, pembiasaan ke dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan tersebut. Adapun faktor pendukung meliputi: motivasi dalam diri siswa, antusias siswa, dan dukungan keluarga. Faktor penghambat meliputi: lingkungan pergaulan negatif siswa, terbatasnya pengawasan pihak sekolah, dan keterbatasan jumlah guru PAI.
19SK1921462.00 | SK PAI 19.462 SYA u | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain