SKRIPSI PAI
Penerapan Metode Ziyadah, Takrir, Simai Dalam Menghafal Al Quran Di MA Dr. Ibnu Masud Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Metode memiliki peran yang sangat penting dalam proses belajar
mengajar karena metode turut menentukan tercapai dan tidaknya tujuan
pembelajaran yang telah direncanakan sebelumnya. Terlebih lagi dalam
menghafal Alquran, agar mendapatkan hasil yang maksimal. Menghafal Alquran
merupakan suatu perbuatan yang sangat terpuji dan mulia. Dengan menghafal
Alquran pula kemurnian dan keaslian Alquran dapat terjaga. Sangat wajar apabila
Islam menganjurkan umatnya untuk berlomba-lomba dalam menghafal Alquran.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana penerapan
metode ziyadah, takrir, sima`i dalam menghafal Alquran di MA Dr. Ibnu Mas’ud
Wiradesa Kabupaten Pekalongan?. Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan
menghambat penerapan metode ziyadah, takrir, sima`i dalam menghafal Alquran
di MA Dr. Ibnu Mas’ud Wiradesa Kabupaten Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian
untuk mendeskripsikan penerapan metode ziyadah, takrir, sima`i dalam
menghafal Alquran di MA Dr. Ibnu Mas’ud Wiradesa Kabupaten Pekalongan dan
untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam
penerapan metode ziyadah, takrir, sima`i dalam menghafal Alquran di MA Dr. Ibnu
Mas’ud Wiradesa Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu
penelitian yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki dan
merupakan penelitian yang mendalam. Sumber data yang digunakan adalah
sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data
bersifat deskriptif kualitatif dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis
model Miles and Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode ziyadah, takrir, sima`i
dalam menghafal Alquran di MA Dr. Ibnu Mas’ud Wiradesa Kabupaten Pekalongan
mampu memberikan peranan yang penting dalam meningkatkan dan menjaga hafalan.
Penerapan metode menghafal Alquran tersebut pertama perancanaan meliputi,
perancanaan Tahfidzul Quran menjadi program unggulan dan ciri khas MA Dr. Ibnu
Mas`ud Wiradesa Pekalongan, perencanaan target Tahfidzul Quran, perancanaan
KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum), dan perencanaan kurikulum Tahfidzul Quran.
Kedua pelaksanaan dengan menggunakan tiga metode, yaitu metode ziyadah, metode
takrir, dan metode sima`i. Ketiga evaluasi melalui dua cara, yaitu dengan teknik test
dan non test. Faktor pendukung, yaitu Siswa bisa diajak kerjasama saat pembelajaran,
Siswa bisa menerapkan metode, Semangat belajar Siswa tinggi, Kemampuan guru
dalam mengajar dan memberikan materi, dan Siswa menjadi prioritas utama.
Faktor penghambat, yaitu Siswa kurang disiplin, Jam pelajaran Tahfidzul Quran
kurang atau terbatas, dan Siswa kurang lancar dalam membaca Alquran.
19SK1921460.00 | SK PAI 19.460 SAE p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain