SKRIPSI PAI
Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Hidup Tenang Dengan Kejujuran, Amanah Dan Istiqomah Dengan Metode Jingsaw Pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 02 Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2018/2019
Pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat membantu guru untuk mencapai tujuan dalam pelaksanaan pembelajaran. Guru dapat menggunakan pembelajaran yang variatif agar siswa merasa senang dalam mengikuti pembelajaran, untuk mencapai pembelajaran tersebut, diperlukan penerapan model pembelajaran yang tepat. Dalam pembelajaran kooperatif terdapat beberapa tipe yang dapat di terapkan salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan keaktifan siswa baik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mata pelajaran PAI materi hidup tenang dengan kejujuran, amanah dan istiqomah pada siswa kelas VIIF SMP Negeri 2 Kesesi.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK di laksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa. Metode ini terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada pembelajaran diskusi kelompok dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Hasil penelitian yang sudah di lakukan menunjukkan bahwa hasil belajar sebelum menerapkan kooperatif tipe jigsaw ini ternyata belum maksimal, hal ini terbukti dari hasil belajar siswa pada kondisi awal penelitian dengan nilai rata-rata masih di bawah KKM yaitu 68, setelah di adakannya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pembelajaran berjalan optimal dan terdapat peningkatan hasil belajar dengan melaksanakan 2 (dua) siklus. Hal ini terbukti dari hasil prestasi belajar siswa yang selalu meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata menjadi 76. sedangkan pada siklus II nilai rata-rata juga meningkat menjadi 86.
19SK1921457.00 | SK PAI 19.457 SUR p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain