SKRIPSI PGMI
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 02 Dadirejo Tirto Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kompetensi yang dimiliki guru kelas V di SDN 02 Dadirejo Tirto Kabupaten Pekalongan dalam memotivasi belajar siswa. Dari hasil pengamatan peneliti, ketika saat pelajaran berlangsung siswa ada yang bermain sendiri dan ada juga yang bergurau dengan temannya. Ketika diberikan tugas siswa kadang tidak mengerjakan tugas tersebut. Kompetensi pedagogik guru sangat berperan penting terhadap motivasi belajar. Kompetensi pedagogik yang dilakukan oleh guru kelas V dalam menumbuhkan semangat belajar siswa, diantaranya guru memberikan semangat kepada siswa untuk giat belajar.
Dari latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah, (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru kelas V SDN 02 Dadirejo Tirto Kabupaten Pekalongan?, (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas V SDN 02 Dadirejo Tirto Kabupaten Pekalongan?, (3) Adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 02 Dadirejo?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan Kuantitatif yang terdiri dari 2 Variabel dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 02 Dadirejo Tirto Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket yang meliputi angket kompetensi pedagogik guru, dan angket motivasi belajar. Data penelitian juga diambil melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana.
Penggunaan Kompetensi Pedagogik Guru dalam kategori tinggi. Hal ini terbukti dari hasil angket yang memiliki rata-rata 50 yang berada pada interval 50-53. Motivasi Belajar Siswa dalam kategori sedang. Ini terbukti dari hasil angket yang memiliki rata-rata 50 yang berada pada interval 48-50. Pada taraf signifikan 5% telah diketahui nilai Fhitung =10,624 sedangkan Ftabel = 4,03 sehingga FhitungFtabel. Dari hasil perhitungan, Pada taraf signifikan 5% telah diketahui nilai Fhitung = 10,624 sedangkan Ftabel= 4,03 sehingga FhitungFtabel. Dari hasil perhitungan, pada taraf 5% ternyata FhitungFtabel, maka hasilnya diterima. Koefisien determinasi sebesar 0,262, artinya kompetensi pedagogik guru mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 26,11% dan selebihnya 73,89% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa. Dengan demikian terdapat pengaruh yang positif kuat antara kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 02 Dadirejo Tirto Kabupaten Pekalongan.
19SK1923155.00 | SK PGMI 19.155 KUT p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain