SKRIPSI PGMI
Penerapan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Luas Layang-Layang Di MI Islamiyah Sidayu Kecamatan Bandar Kabupaten Batang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil tes siswa terhadap mata pelajaran matematika, serta mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap tidak mudah dan sukar dipahami sehingga banyak siswa yang tidak tertarik dan tidak berminat belajar matematika. Untuk itu perlu usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi luas layang-layang melalui metode contextual teaching and learning (CTL). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi dari Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Islamiyah Sidayu Kecamatan Bandar Kabupaten Batang yang berjumlah 22 siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari tes pada setiap siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran diambil dari lembar observasi siswa. Hasil penelitian ditunjukkan dengan perencanaan setiap siklusnya yang mengalami perbaikan berdasarkan refleksi dari siklus sebelumnya. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) menunjukan adanya peningkatan proses pembelajaran baik aktivitas guru maupun aktivitas siswa. Pencapaian ketuntasan hasil belajar pra siklus mencapai prosentase 31,82% dengan rata-rata hasil tes akhir 58,18. Pada siklus I hasil belajar meningkat berdasarkan ketuntasan KKM yang sudah ditentukan yaitu 68 mencapai 54,55% dan dilihat dari perubahan nilai sebelumnya meningkat 72,73% dengan nilai rata-rata 65,91. Pada siklus II meningkat dari siklus I berdasarkan ketuntasan KKM mencapai 86,36% dan dilihat dari perubahan nilai sebelumnya 100% meningkat dengan nilai rata-rata hasil belajar 77,73. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi luas layang-layang.
19SK1923153.00 | SK PGMI 19.153 RIF p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain