SKRIPSI PAI
Upaya Peningkatan Kemampuan menghafal Al Qur'an Surat-Surat Pendek melalui Metode Pembiasaan Membaca Siswa Kelas IV MI Salafiyah Asyafi'iyah Desa Belik
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa Hafalan Al-Qur’an semakin banyak diterapkan di lembaga pendidikan Islam, termasuk di MI Salafiyah Asyafi’iyah Belik. Keberhasilan dari hafalan Al-Qur’an ini salah satunya ditentukan oleh metode guru yang disusun secara khusus untuk meningkatkan kemampuan hafalan tersebut. Maka dari itu penting bagi seorang guru untuk bisa memilih dan menggunakan metode yang tepat dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana upaya peningkatan kemampuan menghafal al qur’an surat-surat pendek melalui metode pembiasaan membaca siswa kelas IV MI Salafiyah Asyafi’iyah Desa Belik? 2). Apa faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan kemampuan menghafal al qur’an surat-surat pendek melalui metode pembiasaan membaca siswa kelas IV MI Salafiyah Asyafi’iyah Desa Belik?
Jenis penelitianya adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui metode observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi.Mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketentuan
pengamatan, dan trigulasi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-qur’an surat-surat pendek dengan metode pembiasaan membaca yaitu dengan membisakan siswa membaca surat pendek setiap pagi sebelum jam pelajaran dimulai dengan memandu, membetulkan bacaan anak didiknya yang keliru, mengulangi pembacaan secara rutin sesuai jadwal, yang telah di buat khusu untuk kegiatan pembiasaan, mewajibkan setoran hafalan, dan latihan menulis surat pendek tanpa melihat contoh pada saat jadwal setoran, (2) Faktor yang menghambat pelaksanaan guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an surat pendek yaitu kemampuan membaca dan menghafal setiap anak yang berbeda, alokasi waktu yang kurang, beberapa anak yang kurang semangat karena alasan tertentu. Selain faktor penghambat ini terdapat juga faktor yang mendukung yaitu motivasi/semangat anak-anak yang kuat, pertemuan antara guru dan murid yang sangat intensif, dan rasa tanggung jawab anak dalam menjalankan tugas.
19SK1921454.00 | SK PAI 19.454 ROH u | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain