SKRIPSI PGMI
Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dan V Di MI Tarbiyatut Ta'alumul Huda Desa Pedurungan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang
Mutu pendidikan nasional dapat diketahui salah satunya dari hasil belajar.
Hasil belajar yaitu perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang
menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil belajar yang dicapai
karena dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu motivasi belajar dan kebiasaan
belajar. Kebiasaan belajar adalah intensitas siswa dalam belajar. Selain kebiasaan
belajar diperlukan juga adanya motivasi agar siswa dapat terdorong untuk belajar.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut:
(1) Bagaimana Kebiasaan Belajar Siswa Kelas IV dan V di MI Tarbiyatut
Ta’alumul Huda Desa Pedurungan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang? (2)
Bagaimana Motivasi Belajar Siswa Kelas IV dan V di MI Tarbiyatut Ta’alumul
Huda Desa Pedurungan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang? (3) Bagaimana
Hasil Belajar Siswa Kelas IV dan V di MI Tarbiyatut Ta’alumul Huda Desa
Pedurungan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang? (4) Apakah Terdapat
Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV dan V di MI
Tarbiyatut Ta’alumul Huda Desa Pedurungan Kecamatan Taman Kabupaten
Pemalang? (5) Apakah Terdapat Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil
Belajar Siswa Kelas IV dan V di MI Tarbiyatut Ta’alumul Huda Desa Pedurungan
Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang? (6) Apakah Terdapat Pengaruh
Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV
dan V di MI Tarbiyatut Ta’alumul Huda Desa Pedurungan Kecamatan Taman
Kabupaten Pemalang?
Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian lapangan (field research). Adapun variabel independennya adalah
Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar. Variabel dependennya adalah Hasil
Belajar. Jumlah populasi dalam penelitian ini juga sebagai sampel adalah 50 siswa
dengan menggunakan teknik studi populasi. Metode pengumpulan data yang
digunakan metode angket, wawancara, dokumentasi sedangkan teknik analisa
yang digunakan adalah teknik analisa Regresi Berganda dengan menggunakan
program SPPS versi 21.
Hasil penelitian ini adalah kebiasaan belajar siswa kelas IV dan V di MI
Tarbiyatut Ta’alumul Huda Pedurungan dalam kategori cukup baik. Motivasi
belajar siswa kelas IV dan V di MI Tarbiyatut Ta’alumul Huda Pedurungan dalam
kategori baik. Hasil belajar siswa kelas IV dan V di MI Tarbiyatut Ta’alumul
Huda Pedurungan dalam kategori cukup baik. Hasil analisis secara parsial
pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV dan V di MI
Tarbiyatut Ta’alumul Huda Pedurungan menunjukan adanya pengaruh yang
viii
signifikan. Hasil analisis secara parsial pengaruh motivasi belajar terhadap hasil
belajar siswa kelas IV dan V di MI Tarbiyatut Ta’alumul Huda Pedurungan
menunjukan adanya pengaruh yang signifikan. Secara simultan, pengaruh
kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV dan V
di MI Tarbiyatut Ta’alumul Huda Pedurungan menunjukan adanya pengaruh yang
signifikan dengan koefisien determinasi sebesar 13,8%.
19SK1923150.00 | SK PGMI 19.150 QOM p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain