SKRIPSI PGMI
Pengaruh Perhatian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Gombong Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang
Motivasi belajar siswa di sekolahyang sangat mempengaruhi adalah guru, karena guru merupakan daya pendorong dan motivator dalam kegiatan pembelajaran. Motivasi belajar yang diperoleh seorang siswa dapat menjadi tolak ukur sejauh mana keberhasilan usaha siswa untuk memperoleh hasil belajar yang baik. Siswa untuk dapat mencapai motivasi belajar tentunya harus melakukan aktivitas belajar yang maksimal, menyenangkan dan semangat. Segala bentuk perhatian dari guru sangatlah penting dibutuhkan siswa dalam melakukan aktivitas belajar tersebut. Apabila guru memperhatikan siswa secara penuh dalam kegiatan pembelajaran tentu saja siswa akan mempunyai motivasi belajar yang tinggi. Lain halnya jika seorang guru kurang memperhatikan siswatentunya siswa akan memiliki motivasi belajar yang rendah.
Permasalahan yang penulis kemukakan dalam penelitian ini meliputi: Bagaimana perhatian guru di MI Salafiyah Gombong Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang?Bagaimana motivasi belajar siswa di MI Salafiyah Gombong Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang?Bagaimana pengaruh perhatian guru terhadap motivasi belajar siswa di MI Salafiyah Gombong Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang. Tujuan penelitian ini antara lain: Untuk mengetahui perhatian guru di MI Salafiyah Gombong Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang, untuk mengetahui motivasi belajar siswa di MI Salafiyah Gombong Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang, untuk mengetahui pengaruh perhatian guru terhadap motivasi belajar siswa MI Salafiyah Gombong Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang. Kegunaan dalam penelitian ini antara lain:secara teoritis untuk memberikan konstribusi bagi pengembangan pendidikan pada umumnya, khususnya dapat memperkaya khasanah dunia pendidikan Islam yang diperoleh dari lapangan. Secara praktis: Bagi siswa, dapat menumbuhkan sikap semangat belajar sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk dapat meraih hasil yang maksimal. Bagi guru, sebagai referensi yang memberikan gambaran, wawasan, dan juga menambahkan pengalaman dalam kegiatan pembelajaran terutama untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Sedangkan bagi orang tua, sebagai landasan untuk selalu memperhatikan anak dan sebagai masukkan untuk membantu mengembangkan motivasi belajar anak melalui penelitian.
Pada Penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yaitu menjelaskan penyebab fenomena sosial melalui pengukuran objektif dan analisis numerikal. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan berupa penelitian pada kancah kehidupan sesungguhnya. Teknik
ix
pengumpulan daya yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data dengan menggunakan rumus regresi: linear sederhana.
Hasil akhir menunjukkan bahwa perhatian guru di MI Salafiyah Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang (Variabel X) berada pada kategori sangat baik yang menunjukkan bahwa skor rata-rata 81 berada di interval 81 ̶ 89. Motivasi belajar siswa di MI Salafiyah Gombong Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang (Variabel Y) berada pada kategori baik yang menunjukkan bahwa skor rata-rata angket sebesar 76 berada di interval 73 ̶ 81. Demikian pengaruh perhatian guru terhadap motivasi belajar siswa di MI Salafiyah Gombong Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang adalah cukup signifikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F pada tingkat signifikan 1 % Nilai F0 = 9,896 > 7,60 sedangkan pada tingkat signifikan 5 %Nilai F0 = 9,896 > 4,18 sehingga Hoditolak dan Ha diterima. Adapun hasil hitungan dengan melihat interprestasi terhadap indeks korelasi r = 0,8040 yang terletak pada interval 0,71 – 0,90 yang berarti terdapat pengaruh yang kuat antara perhatian guru terhadap motivasi belajar siswa di MI Salafiyah Gombong Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang.
19SK1923147.00 | SK PGMI 19.147 MUH p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain