SKRIPSI PAI
Pengaruh Model Pakem Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Di Kelas VII SMP Negeri 02 Taman Pemalang Kabupaten Pemalang
Motivasi yang kuat dalam diri siswa akan meningkatkan minat, kemauan dan semangat yang tinggi dalam belajar, karena antara motivasi dan semangat belajar mempunyai hubungan yang erat. Tujuan pembelajaran akan tercapai apabila guru mempunyai rasa optimis selama pembelajaran berlangsung, keberhasilan dalam pembelajaran terletak pada guru dalam melaksanakan misinya dengan baik dan benar. PAKEM merupakan strategi pembelajaran untuk mengembangkan ketrampilan dan pemahaman siswa dengan penekanan sambil bekerja. dengan cara inilah guru dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan dalam proses belajar mengajar guru menggunakan berbagai sumber belajar dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana Model PAKEM Pada Pembelajaran PAI di Kelas VII SMP Negeri 02 Taman Pemalang?, Bagaimana Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI di Kelas VII SMP Negeri 02 Taman Pemalang?, Bagaimana Pengaruh Model PAKEM Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI di Kelas VII SMP Negeri 02 Taman Pemalang?.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan metode analisis statistic regresi linier sederhana untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel
Hasil penelitian Pertama model PAKEM pada pembelajaran PAI rata-rata 78,5 terletak pada interval 74-80 termasuk kategori cukup, Kedua motivasi belajar pada pembelajaran PAI rata-rata 80,91 terletak pada interval 76-83 termasuk kategori tinggi, dan Ketiga terdapat pengaruh yang signifikan antara model PAKEM terhadap motivasi belajar pada perhitungan statistik dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana yaitu
= 25,087 + 0,703X. Kemudian diperoleh ttest = 5,021. Selanjutnya pada tingkat signifikan 5% nilai ttabel = 2,037 maka ttest = 5,021> ttabel = 2,037 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, dan pada taraf signifikan 1% nilai ttabel = 2,738 maka ttest = 5,021> ttabel = 2,738 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model PAKEM terhadap motivasi belajar.
19SK1921443.00 | SK PAI 19.443 AMI p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain