SKRIPSI PAI
Pengaruh Religiusitas Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kajen
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya faktor keluarga khususnya religiusitas orang tua untuk meningkatkan prestasi belajar khususnya mata pelajarn PAI. Religiusitas memiliki peranan penting dalam hidup dan kehidupan manusia baik secara pribadi maupun secara kelompok. Rendahnya religiusitas yang terjadi saat ini, menggambarkan bahwa religiusitas di kalangan anak masih sangat membutuhkan bimbingan dari berbagai pihak salah satunya dari orang tua. Peran orang tualah yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena dalam proses belajar tidak hanya memperhatikan dari mutu instansi pendidikan saja (sekolah) tapi faktor keluarga yang menyebabkan anak semangat belajar dan terpenuhi kebutuhan belajarnya sehingga anak dapat meningkatkan prestasi belajar di sekolah.
Dalam penelitian ini, peneliti mengajukan permasalahan meliputi: (1)Bagaimana religiusitas orang tua siswa di SMP Negeri 1 Kajen? (2)Bagaimana prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kajen? dan (3)Adakah pengaruh religiusitas orang tua terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kajen? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui religiusitas orang tua siswa di SMP Negeri 1 Kajen, Untuk mengetahui prestasi belajar PAI di SMP Negeri 1 Kajen, Untuk mengetahui pengaruh religiusitas orang tua terhadap prestasi belajar PAI di SMP Negeri 1 Kajen.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian berupa penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kaajen dengan objek penelitian kelas VIII tahun pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode angket dan dokumentasi. Dan untuk menganalisis hasil penelitiannya, peneliti menggunakan teknik analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa religiusitas orang tua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kajen terdapat pengaruh yang positif. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang diperoleh nilai R Square = 0,207 yang berarti terdapat pengaruh sebesar 20,7% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, dan nilai signifikansi penelitian ini yaitu sebesar 0,000, di mana untuk nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan serta nilai thitung = 4,309 sedangkan ttabel = 1,994; maka thitung > ttabel yang artinya religiusitas orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
19SK1921438.00 | SK PAI 19.438 KHA p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain