SKRIPSI PGMI
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni
MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni merupakan salah satu madrasah yang menerapkan konsep multiple intellegences dalam pembelajarannya. Pembelajaran berbasis multiple intelligences merupakan stimuli yang dikondisikan oleh lingkungan baik secara budaya dan fasilitas yang ada di sekolah kreatif dengan tujuan menarik sebuah respon berupa minat belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pembelajaran berbasis multiple inteligences pada mapel SKI kelas V di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni, untuk menggambarkan minat belajar siswa kelas V pada mapel SKI di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni, dan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis multiple inteligences terhadap minat belajar siswa kelas V pada mapel SKI di MI Walisongo Kranji 01.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata angket pembelajaran berbasis multiple intelligences sebesar 46 berada di interval 45-52 termasuk dalam kategori baik. Nilai rata-rata angket minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni sebesar 35 berada di interval 35-39 termasuk dalam kategori baik. Hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS menunjukkan hasil = 39,55. Pada tingkat signifikansi 5% nilai = 4,01, maka = 39,55 > = 4,10. Pada tingkat signifikansi 1% nilai = 7,10, maka = 39,55 > = 7,10, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima baik pada tingkat signifikasi 5% maupun 1%. Sedangkan untuk tingkat pengaruh atau persentase pengaruh yang diberikan variabel X (pembelajaran berbasis multiple intelligences) terhadap variabel Y (minat belajar) diperoleh nilai R Square = 0,410
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran berbasis multiple intelligences kelas V di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni termasuk dalam kategori baik, minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni juga termasuk dalam kategori baik, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap minat belajar siswa kelas V pada mata
xii pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) karena nilai > baik pada tingkat signifikasi 5% maupun 1%. Nilai R Square = 0,410 hal ini berarti 41 % variabel Y (minat belajar) dapat dipengaruhi oleh variabel X (pembelajaran berbasis multiple intelligences). Sedangkan sisanya 59% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
19SK1923135.00 | SK PGMI 19.135 AUL p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain