SKRIPSI PGMI
Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MI Salafiyah Sidorejo
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran di sekolah, khususnya di sekolah dasar setiap guru senantiasa mengharapkan agar siswa-siswanya dapat belajar serta mencapai hasil belajar yang sebaik-baiknya. Namun pada kenyataannya digambarkan bahwa hasil belajar IPA kelas V MI Salafiyah Sidorejo masih rendah dikarenakan siswa mengalami kejenuhan dalam mengikuti pelajaran.
Penelitian ini dilakukan pertama, untuk mengetahui adakah pengaruh dalam penggunaan strategi problem based learning terhadap hasil belajar IPA kelas V MI Salafiyah Sidorejo. Kedua, untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya dalam penggunaan strategi Problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Salafiyah sidorejo Tirto.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas V MI Salafiyah Sidorejo Tirto Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan rata-rata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil Belajar IPA Kelas V MI Salafiyah Sidorejo kelompok kontrol dengan menggunakan metode konvensional dari 16 anak diperoleh jumlah nilai = 1.075 dengan rata-rata 67,19 dan standar deviasi 10,58. Sedangkan setelah dilaksanakan pembelajaran cooperative learning diperoleh jumlah nilai=1.331,25 dengan rata-rata 83,20 dan standar deviasi 7,11. Jadi terdapat peningkatan jumlah nilai = 256.25, kenaikan rata-rata = 14,01 dan perubahan standar deviasi = 3,46. dengan demikian terjadi kenaikan sebesar 24 % Sedangkan kelas eksperimen sebelum melakukan pembelajaran problem based learning dalam materi peristiwa alam beserta dampaknya, kelompok eksperimen dari 16 anak diperoleh jumlah nilai = 1.106,25 dengan rata-rata 69,14 dan standar deviasi 7,73 setelah dilaksanakan pembelajaran problem based learning diperoleh jumlah nilai=1.343,75 dengan rata-rata 83,98 dan standar deviasi 6,02 Jadi terdapat peningkatan jumlah nilai = 237,5, kenaikan rata-rata = 14,84 dan perubahan standar deviasi = 1,71. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi problem based learning dapat menghasilkan pengaruh positif terhadap hasil belejar IPA siswa kelas V MI Salafiyah Sidorejo.
19SK1923133.00 | SK PGMI 19.133 KHA p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain