SKRIPSI PGMI
Pengaruh Motivasi Dari Guru Terhadap Intensitas Belajar Siswa Kelas V Di MSI 02 Keputran Pekalongan
Belajar merupakan suatu kebutuhan bagi siswa. Belajar diperlukan adanya intensitas atau semangat yang tinggi terutama didasarkan adanya motivasi. Siswa yang bermotivasi tinggi dalam belajar memungkinkan akan memperoleh prestasi belajar yang tinggi, artinya semakin tinggi motivasinya, maka intensitas usaha dan upaya yang dilakukan demi mencapai prestasi belajar yang diinginkan juga akan semakin tinggi. Artinya semakin tinggi intensitas belajar siswa maka semakin baik pula hasil belajarnya. Salah satu hal yang memengaruhi intensitas belajar siswa adalah adanya motivasi dari guru. Dengan adanya motivasi dari guru, siswa bisa menjadi lebih semangat dan giat dalam belajar. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Adakah Pengaruh Motivasi dari Guru Terhadap Intensitas Belajar Siswa Kelas V di MSI 02 Keputran Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, angket dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V MSI 02 Keputran Pekalongan yaitu sebanyak 27 responden. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Analisis uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pemberian motivasi dari guru kepada siswa kelas V di MSI 02 Keputran Pekalongan termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 76. Pemberian motivasi banyak diberikan guru ketika proses pembelajaran berlangsung. Motivasi yang diberikan guru lebih banyak dalam bentuk kalimat-kalimat yang bisa membuat siswa senang dan juga menimbulkan semangat dalam dirinya seperti berupa pujian, nasihat-nasihat, tugas/latihan soal, pemberian hadiah dan juga peringatan serta pemberian hukuman yang mendidik. Dan setelah diberikan motivasi oleh guru, intensitas belajar siswa dapat meningkat. Intensitas belajar siswa kelas V di MSI 02 Keputran Pekalongan termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 75. Intensitas belajar yang meningkat dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang semakin baik dan ada peningkatan pada nilainya.
viii
Berdasarkan analisis data dari tabel Coefficients diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan berdasarkan pada nilai t, diketahui bahwa nilai thitung sebesar 7,037 > dari ttabel 2.060 sehingga ada pengaruh yang signifikan antara variabel X terhadap variabel Y yaitu antara motivasi dari guru terhadap intensitas belajar siswa kelas V di MSI 02 Keputran Pekalongan (Ha diterima dan H0 ditolak). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara motivasi dari guru terhadap intensitas belajar siswa di MSI 02 Keputran Pekalongan. Besarnya pengaruh antara motivasi dari guru terhadap intensitas belajar siswa di MSI 02 Keputran Pekalongan yaitu 0,815 dengan presentase koefisien determinasi sebesar 66,5% oleh motivasi guru dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
19SK1923131.00 | SK PGMI 19.131 RIS p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain