SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran SKI Pokok Bahasan Masa Dewasa nabi Muhamad SAW Kelas III Di MI Islamiyah Kambangan Kec. Blado Kab. Batang
Proses pembelajaran merupakan proses pemberian pengalaman dan pengajaran kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran baik secara akademik maupun non akademik. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Islamiyah Kambangan Kec. Blado Kab. Batang selama ini masih menggunakan strategi yang konfensional seperti tanya jawab dan ceramah. Hal itu menyebabkan hasil belajar yang dicapai sangat tidak memuaskan. Seperti pada evaluasi materi masa dewasa Nabi Muhammad yang hanya menghasilkan 5 siswa tuntas. Untuk itu perlu ada perbaikan dalam strategi pembelajaran agar keadaan tersebut dapat cepat teratasi.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: apakah metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran SKI pokok bahasan masa dewasa Nabi Muhammad Saw. kelas III di MI Islamiyah Kambangan Kec. Blado Kab. Batang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan apakah metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran SKI pokok bahasan masa dewasa Nabi Muhammad Saw. kelas III di MI Islamiyah Kambangan Kec. Blado Kab. Batang.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan analisis data berupa analisis tata jenjang (Rank Spearman). Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang dilaksanakan pada tanggal 1 - 8 Oktober 2018.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa strategi make a match telah mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran yaitu berupa peningkatan pemahaman materi pembelajaran, keaktifan siswa dalam berdiskusi dan interaksi diantara siswa. Pada prasiklus didapat nilai rata-rata kelas 60, 11 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM dan hanya 5 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM. Setelah melalui pengamatan dan melakukan pembelajaran menggunakan metode make a match, ada peningkatan nilai pada siklus I yaitu nilai rata-rata menjadi 65, 8 siswa tuntas dan menyisakan 8 siswa lagi yang belum tuntas. Selanjutnya pada pelaksanaan siklus II didapat nilai rata-rata siswa menjadi 73,75, 13 siswa mendapat nilai tuntas dan menyisakan 3 siswa yang belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode make a match sangat efektif untuk meningkatkan nilai prestasi belajar siswa pada pokok bahasan masa dewasa Nabi Muhammad Saw.
19SK1921433.00 | SK PAI 19.433 TAH i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain