SKRIPSI PAI
Pengaruh Mengikuti Kegiatan Keagamaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits SMP Muhammadiyah 7 Ampelgading Pemalang
Dalam sebuah proses pendidikan diperlukan berbagai unsur yang
mendukung demi tercapainya tujuan pendidikan dalam suatu lembaga pendidikan.
Unsur-unsur tersebut diantaranya adalah kepala sekolah, guru, siswa, sarana
prasarana dan kegiatan-kegiatan yang mendukung guna mengembangkan bakat
dan minat siswa. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, maka diperlukan
cara sebagai penunjang dalam proses pencapaian tujuan tersebut, dan salah satu
cara yang ditempuh adalah melalui pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan di
lingkungan sekolah sebagai sarana pengetahuan baru bagi siswa selain itu juga
sebagai sarana mengembangkan bakat dan minat siswa. SMP Muhammadiyah 7
Ampelgading membuat suatu program yaitu kegiatan keagamaan. Yang mana dari
kegiatan tersebut diharapkan mampu menunjang kegiatan pembelajaran, sehingga
mampu memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) bagaimana kegiatan keagamaan di SMP
Muhammadiyah 7 Ampelgading Pemalang? (2) bagaimana prestasi belajar siswa
mata pelajaran al-quran hadits SMP Muhammadiyah 7 Ampelgading Pemalang?
(3) apakah ada mengikuti kegiatan keagamaan terhadap prestasi belajar belajar
siswa mata pelajaran al-quran hadits SMP Muhammadiyah 7 Ampelgading
Pemalang?.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research), dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode dokumentasi dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan
adalah regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori responden dalam mengikuti
kegiatan keagamaan menunjukkan bahwa terdapat 18,34 sangat sering, 34,25
sering, 20,9 kadang-kadang, dan 3,566 tidak pernah mengikuti kegiatan
keagamaan. Prestasi belajar siswa mata pelajaran al-quran hadits menunjukkan
bahwa rata-rata prestasi belajar siswa mata pelajaran al-quran hadits 82,45
mempunyai kategori sedang, yaitu 60,23 s/d 84,69. Tidak terdapat pengaruh
antara mengikuti kegiatan keagamaan terhadap prestasi belajar siswa mata
pelajaran al-quran hadits SMP Muhammadiyah 7 Ampelgading Pemalang, hal ini
dibuktikan dengan ttes lebih kecil dari ttabel yaitu maka 1,22 < 2,008 dengan
koefisien determinasi yang menyatakan pengaruh antara kegiatan keagamaan
terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran al-Quran hadits SMP
Muhammadiyah 7 Ampelgading Pemalang sebesar 4,5% dan sisanya dipengaruhi
oleh faktor lainnya.
19SK1921429.00 | SK PAI 19.429 HIK p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain