SKRIPSI PAI
Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (Materi Pokok Sholat Dhuha Kelas VIII) SMP N 14 Pekalongan
Metode merupakan cara yang digunakan oleh seorang guru dalam menyampaikan materi atau bahan pelajaran kepada peserta didik sehingga dapat mencapai tujuan tertentu sesuai yang sudah ditentukan. Di SMP N 14 Pekalongan, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Pokok Sholat Dhuha menggunakan Metode Demonstrasi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Materi Pokok Sholat Dhuha kepada peserta didik. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang diatas adalah bagaimana penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Materi Pokok Sholat Dhuha Kelas VIII) di SMP N 14 Pekalongan, bagaimana hasil belajar siswa tentang (Materi Pokok Sholat Dhuha Kelas VIII) di SMP N 14 Pekalongan, bagaimana pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Materi Pokok Sholat Dhuha Kelas VIII) di SMP N 14 Pekalongan.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan datanya dengan melakukan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data statistic dengan rumus yang digunakan adalah rumus regresi linear sederhana untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel.
Hasil penelitian Pertama metode demonstrasi pada pembelajaran PAI dan budi pekerti rata-rata 83 terletak pada interval 80-84 termasuk kategori cukup, Kedua hasil belajar pada pembelajaran PAI rata-rata 84 terletak pada interval 81-84 termasuk kategori cukup, dan Ketiga terdapat pengaruh yang signifikan antara metode demonstrasi terhadap hasil belajar pada perhitungan statistik dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan ttest = 2,9166666667.
Hasil penelitian adalah berdasarkan
19SK1921427.00 | SK PAI 19.427 AGH p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain