SKRIPSI PGMI
Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Di Kelas IV MI Walisongo Kranji 02 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang besarnya muatan pendidikan karakter dalam kompetensi inti. Model pembelajaran tematik ini merupakan bagian dari pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu adalah pendekatan yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik dan otentik. Hal ini sesuai dengan pengertian karakter kreatif, yaitu sebuah rutinitas atau kebiasaan yang merupakan kemampuan seseorang untuk menyampaikan sesuatu secara berbeda dan merupakan ciri khas dari orang tersebut.
Rumusan Permasalahan yaitu: “(1) Bagaimana strategi guru dalam pembentukan karakter kreatif siswa melalui pembelajaran temtaik di kelas IV MI Walisongo Kranji? (2) Apasaja faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam pembentukan karakter kreatif siswa melalui pembelajaran tematik di kelas IV MI Walisongo Kranji 02?”. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi guru dalam pembentukan karakter kreatif siswa melalui pembelajaran temtaik di kelas IV MI Walisongo Kranji 02. (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam pembentukan karakter kreatif siswa melalui pembelajaran tematik di kelas IV MI Walisongo Kranji 02.”
Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi guru yang digunakan untuk pembentukan karakter kreatif adalah terintegrasi dalam pendekatan saintifik yaitu dengan mengajukan pertanyaan, melakukan percobaan, menyampaikan hasil diskusi di depan kelas, dan mengadakan outing class. 2) Faktor yang mendukung dalam pembentukan karakter kreatif melalui pembelajaran tematik kelas IV MI Walisongo Kranji 02 diantaranya adalah materi pembelajaran yang terhimpun dalam tema diajarkan dengan saintifik akan lebih bermakna bagi peserta didik dan dukungan dari orangtua dan keluarga. Sedangkan faktor penghambat dalam pembentukan karakter kreatif melalui pembelajaran tematik kelas IV MI Walisongo Kranji 02 diantaranya adalah keterbatasan buku ajar, orangtua yang kurang mendukung terhadap kegiatan anak di sekolah, dan pola pikir anak yang masih terbatas, serta keterbatasan data yang menunjang pembelajaran.
19SK1923126.00 | SK PGMI 19.126 KHU s | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain