SKRIPSI PGMI
Pemanfaatan Media Audio Visual Dalam Membantu Berpikir Konkrit Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas VI Di MII Pringlangu Kota Pekalongan
Pemakaian media pengajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa terutama pada pemanfaatan media audio visual. PembelajaranIPA di MI/SD membutuhkan pemanfaatan media audio visual karena terdapat banyak materi bersifat abstrak. Sehingga pemanfaatan media audio visual dapat membantu siswa berpikir secara konkrit.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pemanfaatan media audio visual dalam membantu berpikir konkrit siswa pada pembelajaran IPA kelas VI di MII Pringlangu 02 Kota Pekalongan?. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan media audio visual dalam membantu berpikir konkrit siswa pada pembelajaran IPA kelas VI di MII Pringlangu 02 Kota Pekalongan?
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancaraserta dokumentasi. Metode analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis reduksi data, penarikan data dan verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan media audio visual dilakukan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Jenis pemanfaatan media audiovisual berupa video dan powerpoint dalam pembelajaran IPA. Hasil pemanfaatan mediaaudio visual menunjukkan bahwa pemanfaatannya dapat membantu siswa berpikir secara konkrit sertamembangkitkan semangat siswa dalam proses pembelajaran dan siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran. hal ini dapat dilihat ketika dalam proses pembelajaran siswa yang begitu aktif dan termotivasi. Tidak hanya itu namun dapat membantu siswa lebih memahami materi IPA. (2) Faktor yang mendukung pada pemanfaatan media audio visual dalam membantu berpikir konkrit siswa pada pembelajaran IPA adalah sarana dan prasarana yang memadai, persiapan matang yang dilakukan guru, kemampuan guru, semangat dan kesungguhan yang ada dalam diri siswa, dan kesiapan siswa. Adapun faktor penghambat pada pemanfaatan media audio visual dalam membantu berpikir konkrit siswa pada pembelajaran IPA adalah guru terbiasa dengan pembelajaran yang konvensional, pemanfaatan media audio visual dianggap merepotkan, adanya siswa yang kurang fokus.
19SK1923124.00 | SK PGMI 19.124 MAN p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain