SKRIPSI PGMI
Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri Karangasem 13 Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2018/2019
Orang tua merupakan role model, tokoh panutan pertama bagi anak. Anak-anak selalu mengamati orang tua mereka secara instingtif, dan dan mengikuti polanya yang di ulang-ulang yang di tunjukan orag tuanya. Inilah yang di sebut para ilmuan sebagai “modeling”.
Adapun rumusan masalah yang diajukan penelitian adalah Bagaimana perhatian orang tua terhadap siswa SD Negeri Karangasem 13 Kabupaten Batang tahun pelajaran 2018/2019 ?, Bagaimanakah hasil belajar matematika siswa di SD Negeri Karangasem 13 Kabupaten Batang tahun pelajaran 2018/2019 ?, serta Apakah ada pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa di SD Negeri Karangasem 13 Kabupaten Batang tahun pelajaran 2018/2019?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui perhatian orang tua terhadap siswa SD Negeri Karangasem 13 Kabupaten Batang tahun pelajaran 2018/2019. Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa di SD Negeri Karangasem 13 Kabupaten Batang tahun pelajaran 2018/2019.Untuk mengetahui adanya pengaruh perhatian orang tua yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa di SD Negeri Karangasem 13 Kabupaten Batang tahun pelajaran 2018/2019. Sedangkan kegunaan penelitian ini bersifat teoritis dan praktis.
penelitian pendekatan kuantitatif yaitu suatu pendekatan penelitian yang secara primer menggunakan paradigma postpositivist dalam mengembangkan ilmu pengetahuan (seperti pemikiran sebab-akibat, reduksi kepada variabel, hipotesis, dan pertanyaan spesifik, menggunakan pengukuran dan observasi, serta pengujian teori) menggunakan strategi penelitian seperti eksperimen dan survei yang memerlukan data statistik. Metode kuantitatif disebut juga sebagai metode penelitian yang berupa angka-angka atau statistik.
Berdasarkan hasil penelitian penulis, menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan didapat t_test = 4,626. Pada tingkat signifikan 1% nilai t_tabel = 0,430 maka t_test > t_tabel = 4,626 >0,430 , maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa SD Negeri Karangasem 13 Batang. Pada tingkat signifikan 5% nilai t_tabel = 0,334 maka t_test > t_tabel = 0,334 > 4,626 , maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa SD Negeri Karangasem 13 Batang. Dari perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa pada tingkat signifikan 1% dan 5% terdapat hasil yang sama yakni terdapat pengaruh
ix
posisi yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa SD Negeri Karangasem 13 Batang. Maka hipotesis yang peneliti ajukan yaitu: “Bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa SD Negeri Karangasem 13 Batang.” dapat diterima kebenarannya. Hal ini berarti 19,8 % variabel Y (hasil belajar matematika) dapat dipengaruhi oleh variabel X (perhatian orang tua). Sedangkan sisanya 80,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
19SK1923122.00 | SK PGMI 19.122 HID p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain