SKRIPSI PGMI
Pengaruh Bimbingan Belajar Tambahan Terhadap Motivsi Belajar Siswa Kelas VI Dalam Menghadapi Ujian Di SD N Panjang Wetan 03 Pekalongan
Ujian merupakan kegiatan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keberhasilan siswa. Siswa yang akan menghadapi ujian sangat memerlukan adanya pendalaman materi yang dilakukan melalui bimbingan belajar tambahan yang ada di sekolah. Bimbingan belajar tambahan di sekolah akan membantu siswa lebih banyak belajar dan mengulang pelajaran, semakin baik bimbingan belajar yang diberikan oleh guru maka semakin baik pula motivasi belajar siswa dalam menghadapi ujian. Salah satu hal yang memengaruhi motivasi belajar siswa adalah adanya bimbingan belajar dari guru. Motivasi membuat siswa menjadi lebih semangat dan giat dalam belajar. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, muncul rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan bimbingan belajar tambahan di SD N Panjang Wetan 03 Pekalongan? (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VI dalam menghadapi ujian di SD N Panjang Wetan 03 Pekalongan? (3) Bagaimana pengaruh bimbingan belajar tambahan terhadap motivasi belajar siswa kelas VI di SD N Panjang Wetan 03 Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pelaksanaan bimbingan belajar tambahan di SD N Panjang Wetan 03 Pekalongan, motivasi belajar siswa kelas VI dalam menghadapi ujian di SD N Panjang Wetan 03 Pekalongan dan pengaruh bimbingan belajar tambahan terhadap motivasi belajar siswa kelas VI dalam menghadapi ujian di SD N Panjang Wetan 03 Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas SD N Panjang Wetan 03 Pekalongan yaitu sebanyak 35 responden. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Analisis uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan linieritas.Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar tambahan terhadap motivasi belajar siswa kelas VI dalam menghadapi ujian di SD N Panjang Wetan 03 Pekalongan. Besarnya pengaruh antara bimbingan belajar tambahan terhadap motivasi belajar siswa kelas VI dalam menghadapi ujian di SD N Panjang Wetan 03 Pekalongan, yaitu 0,763 dengan presentase koefisien determinasi sebesar 76,3% bimbingan belajar tambahan dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
19SK1923120.00 | SK PGMI 19.120 DIA p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain