SKRIPSI PGMI
Pengaruh Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kels III MSI 17 Pabean Pekalongan
Kepribadian guru merupakan hal yang penting dalam pendidikan, guru yang kepribadiannya baik diharapkan akan dapat memberikan motivasi belajar yang tinggi pada siswanya. Pada MSI 17 Pabean Pekalongan kepribadian guru disana baik. Guru sangat sabar dalam menghadapi siswa dan siswi dalam proses pembelajaran di dalam maupun di luar kegiatan belajar mengajar. Mereka telah memberikan yang terbaik untuk siswanya, motivasi belajar siswanya pun tinggi dalam pembelajaran. Dengan demikian, peneliti mengambil judul “ Pengaruh Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas III MSI 17 Pabean Pekalongan”.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana kepribadian guru MSI 17 Pabean Kota Pekalongan?, Bagaimana motivasi belajar siswa kelas III MSI 17 Pabean Pekalongan?, dan Bagaimana pengaruh kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas III MSI 17 Pabean Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian guru MSI 17 Pabean Kota Pekalongan, mengetahui motivasi belajar siswa kelas III MSI 17 Pabean Pekalongan dan mengetahu pengaruh kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas III MSI 17 Pabean Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (filed research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini angket dan wawancara. Peneliti menggunakan analisis data dengan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: pertama, kepribadian guru kelas III MSI 17 Pabean Pekalongan termasuk dalam kategori kategori sangat baik sekali. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata angket sebesar 23,5 di interval 72 – 68. Kedua, motivasi belajar siswa kelas III MSI 17 Pabean Pekalongan termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata angket sebesar 21 berada di interval 80 – 73. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan antara kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas III MSI 17 Pabean Pekalongan. Setelah dilakukan analisis perhitungan dengan rumus regresi linier sederhana maka diperoleh perhitungan koefisiensi (R2) sebesar 53,29%. Hal ini dijelaskan, bahwa 53,29% motivasi belajar siswa kelas III MSI 17 Pabean Pekalongan di pengaruhi oleh kepribadian guru MSI 17 Pabean Pekalongan.Dari hasil penelitian telah didapatkan F hitung = 52,246 pada tingkat signifikan 5% nilai Ftabel = 7.18 maka F hitung= 52,246 >Ftabel = 7.18 sehingga H0 ditolak, Ha diterima. Maka disimpulkan variabel indepenen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen.
19SK1923119.00 | SK PGMI 19.119 INA p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain