SKRIPSI PGMI
Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Islamiyah Toso Kecamatan Bandar
Pendidikan saat ini telah mengalami pembaharuan-pembaharuan yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan anak. Salah satunya yaitu pembelajaran bertema yang lebih menekankan pada kehidupan nyata yang dialami oleh anak. Pembelajaran tematik merupakan suatu usaha mengintegrasikan pengetahuan, sikap, dan keterampilan, serta pemikiran yang kreatif dengan menggunakan tema-tema untuk meningkatkan motivasi belajar.
Berawal dari pemikiran tersebut, maka dirumuskan beberapa masalah yaitu: 1). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas 4 MI Islamiyah Toso Kecamatan Bandar?, 2). Bagaimana motivasi belajar siswa kelas 4 MI Islamiyah Toso Kecamatan Bandar dalam pembelajaran tematik?, 3). Adakah pengaruh pelaksanaan pembelajaran tematik terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 MI Islamiyah Toso Kecamatan Bandar?. Tujuannya untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran tematik yang dilaksanakan di kelas 4 MI Islamiyah Toso Kecamatan Bandar, untuk mendeskripsikan dan menganalisis motivasi belajar siswa yang ada di kelas 4 MI Islamiyah Toso Kecamatan Bandar, untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran tematik terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 MI Islamiyah Toso Kecamatan Bandar.
Jenis penelitian inimenggunakan penelitian lapangan (field research) dan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode angket, observasi dan wawancara, sedangkan teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan analisis pendahuluan, uji hipotesis, menghitung kesalahan standar estimasi, menentukan nilai t Test, menghitung t Test, menentukan nilai t Tabel dan analisis lanjutan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran tematik pada kelas interval 49 – 51 masuk kategori baik sebesar 32%. Sedangkan untuk motivasi belajar siswa pada kekas interval 54 – 56 masuk pada kategori baik sebesar 44%. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rxy = 0,455 dan nilai R sebesar 20,7% dengan jumlah responden (N) 25. Berdasarkan perbandingan antara nilai ttest dengan ttabel, jika ttest> ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil hitungan diperoleh ttest 2,426, pada tingkat signifikansi 5% nilai ttabel 1,713 jadi, ttest 2,426lebih besar dari ttabel 1,713 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terhadap motivasi belajar siswa.
19SK1923116.00 | SK PGMI 19.116 MAR p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain