SKRIPSI PGMI
Persepsi Guru Tentang Tipe Belajar Anak Hiperaktif Kelas II MI Sudirman Kota pekalongan
Seorang guru harus mengetahui karakteristik masing-masing peserta didiknya. seorang guru yang mengethui karakteristik masing-masing peserta didiknya maka akan lebih mudah untuk memahami tipe belajar setiap peserta didiknya. Tipe belajar yang digunakan oleh masing-masing peserta didik tentunya berbeda-beda. Sebagian peserta didik ada yang mudah memahami materi pelajaran dengan tipe belajar mendengar dan ada pula yang mudah memahami materi pelajaran dengan tipe belajar visual dan lain sebagainya.
Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Tipe belajar Anak Hiperaktif Siswa Kelas II di MI Sudirman Kota Pekalongan ? dan Bagaimana Persepsi Guru Tentang Tipe Belajar Anak Hiperaktif Siswa Kelas II MI Sudirman Kota Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk memberikan gambaran tentang tipe belajar anak hiperaktif siswa kelas II di MI Sudirman Kota Pekalongan. Untuk mendeskripsikan persepsi guru tentang tipe belajar anak hiperaktif siswa kelas II MI Sudirman Kota Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Metode analisis hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis Miles dan Hubarman yaitu Reduksi Data, Model Data, dan Verifikasi Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tipe belajar anak hiperaktif kelas IIA dan kelas IIB hampir sama. Untuk tipe belajar anak hiperaktif kelas IIA lebih kepada tipe belajar visual dan auditif. Sedangkan untuk tipe belajar anak hiperaktif kelas IIB lebih kepada tipe belajar visual, auditif, dan taktil. Persepsi guru tentang tipe belajar visual adalah penggunaan alat bantu dalam pembelajaran. Persepsi guru tentang tipe belajar auditif adalah suara guru harus lantang, serta persepsi guru tentang tipe belajar taktil adalah memberikan inovasi baru ketika akan membuat keterampilan.
19SK1923112.00 | SK PGMI 19.112 MAR p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain