SKRIPSI HES
Pelaksanaan Fatwa DSN-MUI No: 75/DSN-MUI/VII/2009 Tentang Multi Level Marketing Syariah (MLMS) Pada Bisnis Obat Herbal HPA Internasional (Studi Di Pusat Stokis Daerah HPA Internasional Kota Pekalongan)
Rumusan masalah dari penelitian ini yakni “bagaimana pelaksanaan fatwa DSN-MUI No: 75/DSN-MUI/VII/2009 Tentang Multi Level Marketing Syariah (MLMS) di Pusat Stokis Daerah HPA Internasional Kota Pekalongan?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah analisis data yang bersifat induktif yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan fatwa DSN-MUI No: 75/DSN-MUI/VII/2009 Tentang Multi Level Marketing Syariah (MLMS) di Pusat Stokis Daerah HPA Internasional Kota Pekalongan sudah hampir memenuhi semua ketentuan-ketentuan yang ada, akan tetapi hanya ada 3 poin yang perlu mereka diperbaiki, yakni pada poin yang ke-3, poin ke-6, dan poin ke-11 dalam ketentuan hukum, yang mana mereka dalam menjalankan bisnisnya yang menggunakan sistem Multi Level Marketing Syariah (MLMS) ternyata masih mengandung unsur gharar (ketidakjelasan) yakni berupa ketidaktransparanan antara upline kepada downline yang kurang kritis mengenai sistem MLMS-nya, sehingga downline kurang mengetahui sistem MLMS-nya dimana, downline tidak mengetahui akad-akad apa saja yang digunakan dan downline tidak terlalu banyak menggetahui sistem pembonusan yang ada, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bagi downline yang keritis untuk mengetahui hal tersebut, padahal sebagai upline berkewajiban menyampaikan dan membina para downline-nya secara menyeluruh, maka dari itu seharusnya upline menyampaikan dan membina downline-nya secara menyeluruh bukan hanya pada dasarnya saja
19SK1912009.00 | SK HES 19.009 BUK p | My Library (Lantai 3 Referensi dan Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain