SKRIPSI BPI
Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Siswa-Siswi SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach). Penelitian lapangan adalah penelitian langsung ke objek penelitian. Hal ini berguna untuk menganalisis permasalahan yang muncul di tempat penelitian secara mendalam tentang menumbuhkan sikap kepedulian siswa melalui pelaksanaan bimbingan kelompok di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu penelitian untuk menjawab permasalahan yang memerlukan pemahaman secara mendalam dalam konteks waktu dan situasi yang bersangkutan, dilakukan secara wajar dan alami sesuai dengan kondisi objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi, serta jenis data yang dikumpulkan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis, yaitu pendekatan behavioristik. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok yang dilakukan di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang cukup baik, hal ini di latar belakangi oleh kualitas para pembimbing sekaligus guru yang berperan memberikan arahan, nasihat, motivasi, dan dukungan kepada para siswa. Setelah diberikan arahan, nasihat, motivasi dan dukungan oleh para pembimbing, kepedulian sosial siswa mulai tumbuh dan meningkat. Kepedulian sosial siswa yang tumbuh dapat dilihat dari interaksi antara satu siswa dengan yang lainnya, juga kepada para guru, orang tua, dan lingkungan masyarakat.
19SK1935011.00 | SK BPI 19.011 WAH p | My Library (Lantai 3 Referensi dan Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain