SKRIPSI PGMI
Pengaruh Keaktifan Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kepercayaan Diri Siswa MSI 01 Kauman Pekalongan
Ekstrakurikuler pramuka merupakan kegiatan pelengkap dari proses kegiatan belajar di sekolah. Salah satu tujuan ekstrakurikuler pramuka adalah mendidik anak dengan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan agar menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental. Sehingga usaha gerakan pramuka merupakan sarana pendidikan di sekolah dan bisa melatih kepercayaan diri siswa. Setiap individu memiliki lingkungan dan latar belakang yang berbeda-beda sehingga hal itu mempengaruhi pembentukan rasa percaya diri dalam beriteraksi dengan lingkungannya. Ekstrakurikuler pramuka di MSI 01 Kauman Pekalongan dilaksanakan setiap hari Jum’at yang diikuti oleh siswa kelas 4 dan 5. Permasalahan yang biasa ditemukan dalam ekstrakurikuler pramuka yaitu ada beberapa siswa tidak berangkat secara rutin, cenderung diam, ragu-ragu saat mengeluarkan pendapat, dan masih malu saat ditunjuk untuk maju. Dengan demikian, penulis mengambil judul “Pengaruh Keaktifan Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kepercayaan Diri Siswa MSI 01 Kauman Pekalongan”.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana keaktifan siswa mengikuti ekstrakurikuler pramuka di MSI 01 Kauman Pekalongan?, Bagaimana kepercayaan diri siswa di MSI 01 Kauman Pekalongan?, Seberapa besar pengaruh keaktifan mengikuti ekstrakurikuler pramuka terhadap kepercayaan diri siswa MSI 01 Kauman Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat keaktifan siswa mengikuti ekstrakurikuler pramuka di MSI 01 Kauman Pekalongan, mengetahui seberapa besar tingkat kepercayaan diri siswa MSI 01 Kauman Pekalongan, mengetahui seberapa besar pengaruh keaktifan mengikuti ekstrakurikuler pramuka terhadap kepercayaan diri siswa MSI 01 Kauman Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini angket dan wawancara. Penulis menggunakan analisis data dengan rumus regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, keaktifan mengikuti ekstrakurikuler pramuka siswa MSI 01 Kauman Pekalongan dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 67,53 berada di interval 66-71. Kedua, kepercayaan diri siswa MSI 01 Kauman Pekalongan dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 75,85 berada di interval 71-76. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti ekstrakurikuler pramuka terhadap kepercayaan diri siswa MSI 01 Kauman Pekalongan.Hal ini diperoleh analisis statistik regresi linier sederhana dengan perhitungan menggunakan bantuan SPSS diperoleh Fhitung= 133,061 pada tingkat signifikansi 5 % nilai Ftabel = 3,93 maka Fhitung =
viii
133,061>Ftabel 3,93 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Besarnya sumbangan pengaruh keaktifan mengikuti ekstrakurikuler pramuka terhadap kepercayaan diri siswa MSI 01 Kauman Pekalongan berdasarkan perhitungan manual dan menggunakan SPSS adalah 55,2 %. Sisanya 44,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini.
19SK1923106.00 | SK PGMI 19.106 ADA p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain