SKRIPSI PGMI
Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Di Kelas IV SD Islam Kutosari Karanganyar Kab. Pekalongan
Kurikulum 2013 adalah kurikulum baru yang diterapkan di Indonesia. Sekolah di perkotaan sudah banyak yang menggunakan kurikulum 2013 namun di satu sisi lain di sekolah pelosok masih dalam tahap sosialisasi dan uji coba. Banyak sekolah yang belum maksimal menerapkan KTSP, sedangkan pemerintah telah mencanangkan kurikulum 2013 segera diterapkan dan dilaksanakan. Salah satu sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013 adalah SD Islam Kutosari Karanganyar Kab. Pekalongan. Sesuai dengan kurikulum 2013 tersebut, pembelajarannya menggunakan tematik integratif. Sehingga peneliti melakukan penelitian terkait dengan hal tersebut.
Berdasarkan latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: Bagaimana perencanaan pembelajaran tematik integratif di kelas IV SD Islam Kutosari Karanganyar Kab. Pekalongan?. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik integratif di kelas IV SD Islam Kutosari Karanganyar Kab. Pekalongan? Apa permasalahan dalam pembelajaran tematik integratif di kelas IV SD Islam Kutosari Karanganyar Kab. Pekalongan? Bagaimana solusi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran tematik integratif di kelas IV SD Islam Kutosari Karanganyar Kab. Pekalongan?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, perlaksanaan, permasalahan dalam pembelajaran serta solusi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran tematik integratif kurikulum 2013 di kelas IV SD Islam Kutosari Karanganyar Kab. Pekalongan
Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Kutosari Karanganyar Kab. Pekalongan dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan penelitian kualitatif dekriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam perencanaan pembelajaran tematik integratif guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) setiap subtema. (2) Pelaksanaan pembelajaran tematik integratif menggunakan pendekatan saintifik. (3) Permasalahan dalam pembelajaran tematik integratif kurikulum 2013 ini antara lain: Pelaksanaan pembelajaran tematik integratif, sumber belajar, alokasi waktu belajar dan permasalahan penilaian pembelajaran tematik integratif. (4) Solusi yang digunakan adalah guru mengikuti pelatihan, sosialisasi dan bimtek kurikulum 2013, guru menggunakan buku-buku KTSP yang relevan, guru harus menggunakan minggu-minggu aktif dengan baik dan mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan pemerintah, seperti KKG.
19SK1923103.00 | SK PGMI 19.103 HID i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain