SKRIPSI PGMI
Efektivitas Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung Perkalian Kelas III Di SD Islam Kauman Kota Pekalongan
Peserta didik beranggapan bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang paling sulit, menakutkan, menjenuhkan, dan tidak menyenangkan. Guru dalam hal ini peranannya sangatlah penting dalam membangkitkan suasana kelas sehingga siswa dapat termotivasi belajar. Dari latar belakang di atas, maka peneliti mengambil rumusan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana motivasi siswa dalam belajar matematika di kelas eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan metode Jarimatika) dan kelas kontrol (kelompok siswa yang tidak menggunakan metode Jarimatika) ?, dan (2) Apakah penggunaan metode Jarimatika lebih efektif atau tidak terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan operasi hitung perkalian kelas III di SD Islam Kauman Kota Pekalongan?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode eksperimen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar motivasi siswa dalam belajar matematika di kelas eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan metode Jarimatika) dan kelas kontrol (kelompok siswa yang tidak menggunakan metode Jarimatika), dan untuk mengetahui efektif atau tidaknya penggunaan metode Jarimatika dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan operasi hitung perkalian kelas III di SD Islam Kauman Kota Pekalongan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental). Metode pengumpulan data angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji t.
Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan metode jarimatika dengan yang tidak menggunakan metode jarimatika. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis independent sample t-test dengan menggunakan SPSS diperoleh thitung = 5,248 dan pada tingkat signifikansi 0,05 dengan db = 38 nilai ttabel = 2,024, maka thitung = 5,248 > ttabel = 2,024, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Jarimatika efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan operasi hitung perkalian kelas III SD Islam Kauman kota Pekalongan.
19SK1923100.00 | SK PGMI 19.100 LUT e | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain