SKRIPSI PGMI
Peran Guru Pembina Pramuka Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Kelas V MII Subah Kabupaten Batang
Latar belakang penelitian ini berawal dari adanya potensi yang dimiliki oleh
setiap individu. Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang dimiliki setiap orang.
Di dalam pendidikan tidak hanya akan diajarkan mengenai ilmu pengetahuan saja
akan tetapi perlu diajarkan ketrampilan-ketrampilan yang dapat menunjang prestasi
siswa. setiap siswa memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda, sehingga guru
mempunyai peranan penting dalam mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki
siswanya agar dapat bermanfaat dikemudian hari. Ekstrakurikuler pramuka menjadi
salah satu alternatif untuk menjembatani bakat dan minat siswa, karena di dalam
ekstrakurikuler pramuka terdapat berbagai macam kegiatan yang dapat
mengembangkan bakat dan minat siswa. Kelas V merupakan saat dimana anak
berada di fase kelas tinggi di Sekolah dasar sehingga anak sudah mulai menunjukkan
ketertarikan didalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Oleh sebab itu diperlukan
kajian untuk mendalami peran guru dalam mengembangkan bakat dan minat siswa
melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di kelas V MII Subah. Adapun rumusan
masalah dari penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peran guru dalam
mengembangkan minat dan bakat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di
kelas V MII Subah? (2) apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan
bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di kelas V MII
Subah?
Jenis Penelitian ini yang digunakan adalah penelitian lapangan (field
research). Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan
sekunder. Metode atau teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data model
Miles dan Huberman, dimana analisis data dalam penelitian deskriptif kualitatif,
dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai
mengumpulkan data dalam periode tertentu, dengan langkah-langkahnya yaitu
reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil dari penelitian yang dapat disimpulkan adalah: bahwa peran guru
dalam pengembangan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler
pramuka sangat penting bagi perkembangan peserta didik di kelas V MII Subah
sudah termasuk dalam kategori baik. Guru pembina pramuka selaku penanggung
jawab kegiatan pramuka melaksanakan perannya dengan maksimal. Peran guru
tersebut antara lain: menjadi informator, motivator, organisator, demonstrator, dan
pembimbing. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan bakat dan minat
melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di kelas V MII Subah ada dua yaitu faktor
19SK1923083.00 | SK PGMI 19.083 FAU p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain