SKRIPSI PAI
Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Mapel Al-Qur'an Hadits Di MTs Walisongo Ulujami Pemalang
Peningkatan Kompetensi Pedagogik membutuh srategi tersendiri sesuai dengan kebutuhannya, dalam Peningkatan kompetensi Pedagogik mapel Al-Qur’an Hadits hendaknya guru sudah memiliki data pribadi setiap peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, morak, kultural, emosional dan intelektual. Tujuannya agar saat proses pembelajaran sudah mempersiapkan strategi pembelajaran yang dianggap tepat untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kompetensi pedagogik guru Mapel Al-Qur’an Hadist di MTs WaliSongo Ulujami? Bagaimana Upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru Mapel Al-Qur’an Hadist di MTs WaliSongo Ulujami? Apa faktor pendukung dan penghambat Peningkatkan kompetensi pedagogik guru Mapel Al-Qur’an Hadist di MTs WaliSongo Ulujami ? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru Mapel Al-Qur’an Hadist, mendeskripsikan Upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru Mapel Al-Qur’an Hadist dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Peningkatkan kompetensi pedagogik guru Mapel Al-Qur’an Hadist.
Penelitian ini adalah jenis lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengmpulan data mengunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang ada mengunakan analisis data kualitatif dengan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) indikator dari kompetensi Pedagogik yaitu Memfasilitasi Pengembangan Potesi Peserta Didik sesuai mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. 2) Upaya Peningkatan Kompetensi pedagogik sudah sangat baik dan sesuai dengan teori yang ada. 3) Faktor Pendukung Upaya Penigkatan Kompetensi Pedagogik guru mapel Al-Qur’an Hadits di MTs WaliSongo Ulujami Pemalang antara lain: lingkungan sekolah yang nyaman dan mendukung, guru Al-Qur’an Hadits yang bermutu serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat antara lain: Belum adanya program yang diagendakan terkait pelatilan PLPG di Semarang dan belum adanya sertifikasi yang merata pada setiap guru yang sudah mengabdikan diri pada madrasah pada jenjang waktu yang cukup lama.
19SK1921403.00 | SK PAI 19.403 HAK u | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain