SKRIPSI PAI
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Materi Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah
Nilai-nilai pendidikan karakter telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2010 tentang nilai karakter yang terdiri 18 butir. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peran peradaban, dan para tokoh yang berpengaruh dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai dari perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW, Khulafaurrasyidin, Bani Umayah, Abbasiyah hingga masa Dinasti Ayyubiyah.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam materi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs). Dalam penelitian ini akan menganalisis secara deskriptif terhadap dokumen (kajian isi), yakni buku siswa mata pelajaran SKI kurikulum 2013 kelas VIII MTs yang diterbitkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) dengan pengarang Yun Yun Yunadi, Mukhamad Amin dan Siti Nadroh. Pengumpulan data menggunakan teknik baca catat dan teknik analisis isi. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam materi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku materi siswa mata pelajaran SKI ditemukan nilai karakter yang sesuai dengan yang dirumuskan oleh Kemendikbud. Adapun nilai Karakter yang dominan adalah kreatif, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, toleransi, dan peduli sosial. Sedangkan nilai pendidikan karakter yang lain seperti cinta tanah air, demokratis, nasionalisme, jujur, gemar membaca, peduli lingkungan, cinta damai, dan nilai pendidikan karakter yang lain relatif lebih sedikit.
19SK1921401.00 | SK PAI 19.401 RUS n | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain