SKRIPSI PAI
Peranan Lembaga Pendidikan Ma'arif PCNU Kota Pekalongan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA Hasyim Asy'ari Pekalongan
Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU)
merupakan salah satu departementasi organisasi NU yang bertugas melaksanakan
kebijakan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dibidang pendidikan dan
pengajaran baik formal maupun non formal, selain pondok pesantren. Mutu
adalah ukuran baik buruk dari suatu benda, kadar, taraf atau derajat (kepadatan,
kecerdasan dan sebagainya). Dalam konteks pendidikan, mutu pendidikan
mengacu pada proses pendidikan dan hasil pendidikan yang dicapai oleh sekolah
pada setiap kurun waktu tertentu.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana mutu pendidikan di
SMA Hayim Asy’ari kota Pekalongan, bagaimana peran Lembaga Pendidikan
Ma’arif PCNU kota Pekalongan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA
Hasyim Asy’ari Pekalongan dan apa saja faktor pendukung dan faktor
penghambat peran LP Ma’arif PCNU kota Pekalongan dalam meningkatkan mutu
pendidikan di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini
yaitu: Untuk mendeskripsikan mutu pendidikan di SMA Hasyim Asy’ari
Pekalongan, peran Lembaga Pendidikan Ma’arif PCNU kota Pekalongan dalam
meningkatkan mutu pendidikan di SMA Hayim Asy’ari Pekalongan dan
mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat peran LP Ma’arif NU
PCNU kota Pekalongan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Teknik pengumpuln data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis
Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pendidikan di SMA Hasyim
Asy’ari akreditasinya sudah baik karena mendapat predikat “B”. Namun, ada
kekurangan pada input peserta didik yang menurun serta hasil prestasi peserta
didik dibidang non akademik masih kurang. Sedangkan peran Lembaga
Pendidikan Ma’arif PCNU kota Pekalongan diantaranya dengan mengadakan
pembinaan, koordinasi, penyeleksian pendidik, controling atau pengawasan
terhadap jalannya pendidikan di SMA Hasyim Asy’ari Pekalongan. Faktor yang
mendukung yaitu semangat dalam membenahi mutu pendidikan baik dari kepala
sekolah, pendidik maupun pengurus LP Ma’arif PCNU kota Pekalongan. Sedang
faktor penghambatnya yaitu sulitnya pendanaan, kesibukan dari masing-masing
pengurus LP Ma’arif PCNU kota Pekalongan.
19SK1921400.00 | SK PAI 19.400 THO p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain