SKRIPSI PAI
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Siswa Di SMPN 4 Batang tahun Pelajaran 2017/2018
Pendidikan Agama Islam adalah suatu mata pelajaran yang berdiri
sendiri untuk disampaikan sebagai usaha/kegiatan bimbingan, pengajaran dan
latihan yang diarahkan untuk meningkatkan keyakinan, pemahaman,
penghayatan dan pengalaman ajaran agama Islam oleh peserta didik, agar
kelak dapat membentuk kesalehan atau kualitas pribadi, juga sekaligus dapat
membentuk kesalehan sosial sesuai dengan ajaran agama Islam yang tersusun
secara sistematis dalam ilmu-ilmu keislaman.
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya dalam hal
meningkatkan kualitas yang baik atau mulia, maka secara langsung maupun
tidak akan dapat meningkatkan pula kualitas perilaku dalam rangka mencetak
manusia beriman, berilmu, dan berakhlakul karimah, serta dapat menjadi
tauladan dan pemimpin masa depan bagi bangsa, negara, dan agama.
Pembinaan akhlak menjadi prioritas utama karena harapan terbesar
bertumpu pada siswa sebagai penerus generasi bangsa yang Islami. Dengan
demikian, maka dalam rangka menyelamatkan dan memperkokoh aqidah
Islamiyah siswa SMP, pembinaan akhlak harus dilengkapi dengan fasilitas
yang memadai. Sehingga di kemudian hari akhlakul siswa benar-benar dapat
diaplikasikan di dalam masyarakat, keluarga, serta dilingkungan SMP itu
sendiri.
Dari hal tersebut, penulis tertarik melakukan penelitiandi SMPN 4
batang. Adapun perumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana perilaku siswa
SMPN 4 Batang tahun ajaran 2016/2017 ? 2) Bagaimana strategi pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Batang tahun ajaran 2016/2017 ?. 3)
Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas
siswa di SMPN 4 Batang tahun ajaran 2016/2017 ?
Setelah penulis melakukan penelitian di SMPN 4 Batang, maka hasilnya
adalah: 1) Perilaku siswa di SMPN 4 Batang baik, hal ini ditunjukkan dengan
kektifan siswa-siswinya dalam mengikuti kegiatan-kegiatan di sekolah. Mereka
selalu mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh sekolah, melaksanakan
kegaiatan di sekolah, baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan
yang lainnya. 2) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan
kualitas Siswa SMPN 4 Batang adalah dengan cara pendekatan personal,
pembiasaan yang baik, memberikan teladan, hafalan surat pendek sebagai
prasyarat dan penyampaian hikmah. 3) Peran guru Pendidikan Agama Islam
dalam meningkatkan kualitas Siswa di SMPN 4 Batang dengan cara membaca
do’a (do’a bersama sebelum pelajaran dimulai), membaca Asma’ul Husna,
baca Al-Qur’an pada pagi hari, shalat Dhuha berjama’ah, shalat Dhuhur
berjama’ah, pembinaan saat upacara bendera.
19SK1921399.00 | SK PAI 19.399 HAS s | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain