SKRIPSI PAI
Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Terhadap Kecerdasan Sosial Siswa SMK Ma'arif NU Doro Kab. Pekalongan
Eksistensi manusia sebagai makhluk sosial dituntut untuk bisa menjalin interaksi dengan sesama, menjalin hubungan dengan sesama ini bahkan diakui oleh banyak ahli di bidang psikologi sebagai kebutuhan yang semestinya dapat dipenuhi dengan baik. Bila tidak, manusia akan banyak mengalami gangguan dalam kejiwaannya. Untuk menumbuhkan dan mengembangkan kecerdasan sosial, peserta didik perlu dilibatkan secara aktif dan langsung dalam kegiatan baik di keluarga maupun di sekolah. Kecerdasan sosial dibutuhkan siswa dalam aktivitas belajar untuk mencapai prestasi belajar yang optimal, mengingat terdapat berbagai aktivitas yang mengharuskan siswa berinteraksi dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) terhadap kecerdasan sosial siswa SMK Ma’arif NU Doro Kab. Pekalongan. Untuk mendeskripsikan besarnya pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) terhadap kecerdasan sosial siswa SMK Ma’arif NU Doro Kab. Pekalongan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, artinya pendekatan yang berangkat dari suatu kerangka teori kemudian dikembangkan menjadi permasalahan beserta pemecahan yang diajukan untuk memperoleh pembenaran (verifikasi) dalam bentuk dukungan data empiris di lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu jenis penelitian yang dilakukan secara intensif, teperinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga dan gejala tertentu. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket yaitu dengan memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk diberikan respon sesuai dengan permintaan pengguna dan dokumentasi adalah pengumpulan data yang ditujukan kepada subyek penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan metode analisis statistik regresi linear sederhana.
Hasil penelitiannya adalah terdapat pengaruh antara kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) terhadap kecerdasan sosial siswa SMK Ma’arif NU Doro Kab. Pekalongan. kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) termasuk dalam kategori cukup baik/sedang dengan nilai rata-rata 57,72 dibulatkan menjadi 58. Nilai tersebut berada dalam interval 58-62 yang termasuk kategori cukup baik/sedang. Sedangkan kecerdasan sosial siswa dapat dikatakan cukup baik/sedang dengan nilai rata-rata 65,72 dibulatkan menjadai 66.
viii
Nilai tersebut berada dalam interval 64-67 yang termasuk kategori cukup baik/sedang. Sedangkan pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) terhadap kecerdasan sosial siswa SMK Ma’arif NU Doro Kab. Pekalongan pada tingkat signifikansi 1% nilai ttabel = 2,750, maka ttest= 4,070 > ttabel = 2,750 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sedangkan pada tingkat 5% nilai ttabel = 2,042, maka ttest = 4,070 > ttabel = 2,040, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada tingkat 1% dan 5% terdapat hasil yang sama yakni terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja(PMR) terhadap kecerdasan sosial siswa di SMK Ma’arif NU Doro Kab. Pekalongan. Besarnya pengaruh antara kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) terhadap kecerdasan sosial siswa SMK Ma’arif NU Doro Kab. Pekalongan adalah 35,6%. Hal ini dibuktikan dengan nilai a=35,468 dan nilai koefisien b=0,524 Jadi persamaan regresinya adalah Ŷ=a+bX = 35,468 + 0,524 X.
19SK1921398.00 | SK PAI 19.398 AND p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain