SKRIPSI PAI
Pengaruh Komunikasi Edukatif Antara Guru PAI Dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 9 Pekalongan
Proses pembelajaran adalah proses komunikasi. Jika seorang guru mampu
membangun komunikasi edukatif secara baik kepada para siswanya, tujuan
pembelajaran akan tercapai. Keberadaan motivasi dalam proses belajar merupakan
faktor penting yang akan mempengaruhi seluruh aspek-aspek belajar dan
pembelajaran. guru-guru yang memiliki motivasi akan merasa bahwa mereka
dapat membantu siswa-siswanya belajar, meluangkan waktu untuk membuat
perencanaan mengajar, dan bekerja sama dengan siswanya untuk mencapai tujuan
belajar dan penguasaan materi. maka dari itu proses komunikasi edukatif yang
dilakukan oleh guru dapat membangkitkan motivasi belajar siswa.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai
berikut: (1) bagaimana komunikasi edukatif antara guru PAI dengan siswa kelas
VIII di SMP Negri 9 Pekalongan ? (2) bagaimana motivasi belajar siswa kelas
VIII di SMP Negeri 9 Pekalongan ? (3) adakah pengaruh komunikasi edukatif
antara guru PAI dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP
Negeri 9 Pekalongan ?.
Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui bagaimana komunikasi
edukatif antara guru PAI dengan siswa kelas VIII di SMP Negri 9 Pekalongan (2)
Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9
Pekalongan (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh komunikasi edukatif antara
guru PAI dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri
9 Pekalongan. Kegunaan penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu secara teoritis
dan praktis.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research)
dengan pendekatan secara kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik
pengumpulan data yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis data
yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana
yang diperoleh dengan menggunakan tabel distribusi frekeunsi dan bantuan
program SPSS Ver.21.
Berdasarkan hasil penelitian ini Komunikasi Edukatif ini masuk dalam
kategori baik, hal ini dapat dilihat dari deskriptif prosentase hasil angket sebanyak
80,72%. Motivasi belajar siswa masuk dalam kategori baik, hal ini dapat dilihat
dari prosentase hasil angket sebanyak 80,54%. Hasil analisis pengaruh
komunikasi edukatif antara guru PAI dengan siswa terhadap motivasi belajar
siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Pekalongan menunjukkan adanya pengaruh
sebesar 18,5% antara pengaruh komunikasi edukatif antara guru PAI dengan
siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Pekalongan.
Selanjutnya pada tingkat signifikan 5% nilai ttabel = 2,005, maka ttes =3,644>ttabel =
2,005, sehingga Ha diterima H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh
yang signifikan antara komunikasi edukatif antara guru PAI dengan siswa
terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Pekalongan.
19SK1921395.00 | SK PAI 19.395 SUP p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain