SKRIPSI PGMI
Implementasi Supervisi Kepala Madrasah Dalam Membina Profesionalisme Guru Di MI Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pelaksanaan supervisi di karenakan di hampir sebagian madrasah dalam saat melaksanakan supervisi hanya sebagai formalitas atau dilaksanakan ketika akan menghadapi akreditasi madrasah saja dan akhirnya tidak ada dampak atau perubahan yang signfikan bagi guru–guru yang di supervisi, akibatya tidak ada jiwa atau marwah profesionalisme disetiap guru yang di supervisi, ini menandakan pentingnya supervisi yang dilaksanakan kepala madrasah kepada para guru dan staff madrasah. secara serius agar cita–cita pemerintah sesuai amanat undang–undang Republik Indonesia no 14 tahun 2005 bab III pasal 7 tentang guru profesioanal dapat terwujud.
Dengan Rumusan masalah : (1) Bagaimana teknik supervisi kepala madrasah terhadap guru di MI Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan?, (2) Bagaimana pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam membina profesionalisme guru di MI Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan?, (3) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi kepala madrasah di MI Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian (Field Reseach) dengan pendekatan kualitatif. dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik dalam keanalisahan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data (display data), penarikan kesimpulan dan verifikasi (Conciusiondrawing and verfication).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) kepala madarasah MI Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan menggunakan beberapa teknik supervisi, yaitu : rapat guru, percakapan individual dan kunjungan kelas, (2) pelaksanaan supervisi kepala madrasah MI Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan menggunakan 3 tahapan, yaitu : supervisi perencanaan pembalajaran, supervisi pelaksanaan pembelajaran dan supervisi administrasi guru kelas/mapel, (3) faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi kepala madrasah di MI Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan, yaitu : adanya jadwal supervisi, adanya komunikasi yang baik anatara guru dan kepala madrasah, Guru-guru yang masih muda sehingga mampu dalam penguasaan IT, sementara faktor hambatan pelaksanaan supervisi di MI Islamiyah Paweden Kabupaten Pekalongan, yaitu : sarana dan prasarana yang kurang memadai, tertundanya pelaksanaan supervisi sebab jadwal supervisi berbenturan dengan jadwal kepala madrasah dengan lembaga terkait, perbedaan pemikiran, psikologi, ketrampilan dan penguasaan kelas serta pengalaman mengajar juga mempengaruhi pelaksanaan supervisi.
19SK1923080.00 | SK PGMI 19.080 KHA i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain