SKRIPSI PGMI
Pengaruh Penerapan Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V A SD Negeri 01 Pekuncen Wiradesa
Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok dengan mengadakan tiga tahapan yakni teams, games dan tournament. Game dan turnament yang dirancang dalam pembelajaransehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam belajar serta lebih menumbuhkan tanggung jawab, kejujuran, persaingan sehat dan keterlibatan belajar.
Rumusan masalah penelitian ini ada tiga, yaitu: 1) Bagaimana penerapan cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) dalam pembelajaran tematik pada kelas VA SD N 01 Pekuncen? 2) Bagaimana motivasi belajar siswa pada kelas VA SD N 01 Pekuncen? 3) Adakah pengaruh antara penerapan cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik pada kelas VA SD N 01 Pekuncen?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuanitatif, dengan jenis penelitian lapangan, datanya diperoleh dari siswa siswi kelas VA SD N 01 Pekuncen. Teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah dengan uji instrumen, uji normalitas dan reliabilitas, uji regresi linier sederhana, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah:1) Penerapan cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) di kelas VA SD N 01 Pekuncen adalah berada pada rata-rata sebesar 37, nilai tersebut berada pada interval 37-40 yang termasuk dalam kategori cukup baik. 2) Motivasi belajar siswa kelas VA SD N 01 Pekuncen berada pada rata-rata sebesar 37, nilai tersebut berada pada interval 37-41 yang termasuk dalam kategori cukup baik. 3) adanya pengaruh penerapan cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) terhadap terhadap variabel motivasi belajar siswa kelas VA SD N 01 Pekuncen dengan hasil hitungan nilai Fhitung sebesar 25.472 dengan nilai probabilitas (sig) = 0,00 dan nilai taraf signifikansi α = 0,05. Nilai Ftabel pada taraf signifikan α = 0,05 sebesar 3,28. Jadi nilai Fhitung = 25.472 > Ftabel = 3,28. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan perhitungan koefesien determenasi besar pengaruh penerapan cooperative learning tipe teams games tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa adalah 50,4%, sedangkan sisanya 49,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
19SK1923077.00 | SK PGMI 19.077 HOT p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain