SKRIPSI PGMI
Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui kegiatan Pembiasaan Shalat Dhuha Kelas V Di SD Plus Al-Burhan Simbang Kulon Buaran Pekalongan
Tujuan dari pembentukan karakter religius bagi siswa adalah memebentuk siswa berkepribadian baik dan berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku, baik norma agama maupun norma sosial. Kegiatan keagamaan yang diterapkan kepada anak merupakan proses pendidikan karakter religius yang dilakukan oleh orangtua dan guru sepanjang waktu. Oleh karena itu, kegiatan-kegiatan keagamaan tersebut harus dilakukan secara kontinu dan istiqomah. Jika kegiatan keagamaan tersebut dilakukan secara kontinu dan istiqomah, maka akan membentuk suatu kebiasaan sehingga seorang individu akan dengan mudah untuk melakukannya.
Rumusan permasalahan yaitu: “(1) Bagaimana proses pembinaan karakter religius siswa melalui kegiatan pembiasaan shalat dhuha kelas V di SD Plus Al-Burhan Simbangkulon Buaran Pekalongan? (2) Bagaimana hasil pembinaan karakter religius siswa melalui kegiatan pembiasaan shalat dhuha kelas V di SD Plus Al-Burhan Simbangkulon Buaran Pekalongan?”. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui proses pembinaan karakter religius siswa melalui kegiatan pembiasaan shalat dhuha kelas V di SD Plus Al-Burhan Simbangkulon Buaran Pekalongan. (2) Untuk mengetahui hasil pembinaan karakter religius siswa melalui kegiatan pembiasaan shalat dhuha kelas V di SD Plus Al-Burhan Simbangkulon Buaran Pekalongan.”
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah dengan analisis data secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembinaan karakter religius siswa melalui pembiasaan shalat dhuha dilaksanakan setiap hari, dan dilaksanakan oleh seluruh siswa mulai dari kelas I hingga kelas VI. Pembiasaan ini dilakukan pada pagi hari setelah selesai melaksanakan doa bersama. Sikap religius dapat ditanamkan kepada siswa kelas V dengan memberikan berbagai kegiatan keagamaan untuk siswa, salah satunya seperti melaksanakan pembiasaan shalat dhuha bersama-sama, melatih anak berdoa setelah melaksanakan shalat dhuha, dan menanamkan sikap saling menghormati terhadap teman sebaya yang memiliki agama yang berbeda-beda. Melalui pembiasaan shalat dhuha ini, siswa kelas V telah memiliki pengembangan karakter religius yang diterapkan dalam lingkungan sekolah maupun dalam lingkungan keluarga di kehidupan sehari-hari siswa.
19SK1923075.00 | SK PGMI 19.075 KHO p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain