SKRIPSI PAI
Studi Komparasi Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Antara Siswa Etnis Arab Dan Siswa Etnis Jawa Di SMP AL-Irsyad Al Islamiyyah Kota Pekalongan
Di dalam lingkungan sekolah para peserta didik memiliki latar belakang yang berbeda-beda. hal ini seperti di SMP Al Irsyad Al-Islamiyyah Kota Pekalongan yang terdapat berbagai Etnis, yang memang Etnis di Indonesia memiliki keanekaragaman yang diakui, diantaranya adalah Jawa dan Arab, meskipun ada perbedaan namun keduanya memiliki persamaan yaitu menjaga kerukunan, persatuan dan juga sama-sama mempunyai kewajiban dalam berprestasi sehingga dituntut untuk berproses dalam rangka menuntut ilmu dan melakukan kepada perubahan yang lebih baik apapun latarbelakangnya.
Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajar PAI siswa etnis arab di SMP Akl-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan, bagaimana prestasi siswa etnis jawa di SMP AL-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan serta bagaimana perbandingan atau komparasi prestasi belajar siswa etnis arab dan siswa etnis jawa di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Pekalongan, hal ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar mata pelajaran PAI Siswa Etnis Arab, Untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran PAI Siswa Etnis Jawa dan Untuk mengetahui bagaimana komparasi / perbandingan pretasi belajar mata pelajaran PAI Siswa Etnis Arab dan Siswa Etnis Jawa di SMP Al- Irsyad Al- Islamiyyah Kota Pekalongan
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Dengan terjun langsung ke lapangan, peneliti menggali dan meneliti data yang berkenaan dengan hasil belajar siswa etnis Arab dan hasil belajar siswa etnis jawa dari rapor sebagai prestasi belajar PAI siswa, Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu studi komparasi (t-test) yang membandingkan hasil belajar siswa etnis Arab dengan hasil belajar siswa etnis Jawa di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah di Kota Pekalongan dengan mengambil sampel kelas VIII.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis inferensial, pengujian penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar PAI siswa etnis Arab dapat dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 70,5 dan berada dalam interval 70-78, prestasi belajar PAI siswa etnis Jawa juga dapat dikategorikan baik, dengan nilai rata-rata 67,1 dan berada dalam interval 64- 75, keduanya tidak dapat perbedaan yang signifikan, prestasi belajar PAI siswa etnis Arab dan siswa etnis Jawa ditunjukkan oleh stastistik dengan rumus âtâ tes Pada taraf signifikan 5% diperoleh
19SK1921392.00 | SK PAI 19.392 SAI s | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain