SKRIPSI PAI
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menyikapi Dampak Penggunaan Gadget Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Warungasem Batang
Latar belakang masalah penelitian ini adalah Peneliti mengambil lapangan di SMP Negeri 1 Warungasem Batang, karena SMP tersebut merupakan sekolah dengan model iman dan takwa yang tentunya di sekolah tersebut kegiatan keagamaan menjadi prioritas utama yang dapat meminimalisir dampak negatif dari penggunaan gadget. Siswa akan disibukkan dengan kegiatan-kegiatan sekolah dibandingkan dengan gadget-nya. Namun masih terdapat siswa yang berperilaku kurang baik yang diduga akibat pengaruh dari penggunaan gadget diantaranya ada salah seorang siswa ketika dirumah ia tidak bisa lepas dari gadget-nya yang membuat nilai pelajaran disekolahnya menjadi kurang baik dikarenakan saat dirumah ia tidak mau belajar dan lebih asik memainkan gadget-nya, bukan hanya itu saja ia juga tidak mendengarkan perkataan orang tuanya apabila disuruh ia pura-pura tidak mendengar saking asik dengan gadget-nya, bahkan ketika waktunya untuk beribadah (sholat) harus diingatkan terlebih dahulu sama orang tuanya jika tidak diingatkan mungkin saja ia tidak menjalankan sholat. Selain kasus diatas ada juga siswa yang diam-diam membawa gadget kesekolah dan memainkanya didalam kelas saat jam kosong ataupun saat guru sedang mengajar, meskipun pihak sekolah sudah memberi sanksi bagi siswa yang membawa gagdet kesekolah yaitu menyita gadget-nya selama 2 bulan dan boleh diambil harus dengan orang tuanya tetapi masih saja ada siswa yang berani membawa gadget kesekolah, tidak ikut melaksanakan sholat dhuha ataupun sholat dhuhur berjam’ah saat jam istirahaat, selain itu ada juga yang mengunggah status di akun media sosialnya dengan kata-kata yang tidak baik. Sehingga membutuhkan upaya dari guru PAI dalam menyikapi dampak penggunaan gadget pada siswanya.
Rumusan masalah dari skripsi ini adalah bagaimana penggunaan gadget pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Warungasem Batang, bagaimanan dampak penggunaan gadget pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Warungasem Batang dan bagaimana upaya guru PAI dalam menyikapi dampak pnggunaan gadget pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Warungasem Batang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan gadget pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Warungasem Batang, untuk mengetahui dampak positif dan negatif penggunaan gadget pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Warungasem Batang dan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam menyikapi dampak penggunaan gadget pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Warungasem Batang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan
viii
pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan mengumpulkan seluruh data untuk ditelaah, mereduksi data, menyajikan data kemudian ditarik kesimpulan dan verifikasi data.
Hasil penelitian: (1) Penggunaan gadget pada siswa: digunakan untuk mengumumkan pelajaran dan tugas, digunakan untuk mengerjakan tugas, digunakan untuk hiburan dan digunakan untuk mengirim pesan. (2) Penggunaan gadget pada siswa mempunyai dampak positif: memudahkan dalam berkomunikasi, memudahkan dalam mengerjakan tugas, menambah wawasan. Sedangkan dampak negatif: lupa waktu, menyebabkan malas belajar, menganggu kesehatan mata, menyebabkan kecanduan, dan pemborosan. (3) Upaya guru PAI dalam menyikapi dampak penggunaan gadget: membatasi dalam menggunakan gadget dengan bekerja sama dengan orang tua siswa, menasehati dan mengingatkan siswa dalam penggunaan gadget ke arah yang lebih positif, dan menghindarkan siswa dari kecanduan.
19SK1921391.00 | SK PAI 19.391 NOV u | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain