SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Aswaja Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Pada Siswa Di MTs Nurul Athfal Ulujami Pemalang
MTs Nurul Athfal, memasukan aswaja ke dalam kurikulum di pendidikan
sekolah. Hal tersebut untuk menanamkan pendidikan akhlak yang berhaluan
aswaja. Menarik untuk diteliti, tentang kebenaran pembelajaran aswaja itu bisa
dijadikan sebagai implementasi pendidikan akhlak di MTs Nurul Athfal.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengtahui bagaimana perencanaan
pembelajaran aswaja sebagai pendidikan akhlak di MTs Nurul Athfal, untuk
mengetahui bagaimana implementasi pendidikan akhlak di MTs Nurul Athfal
melalui pembelajaran aswaja.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Teknik
pengumpulan data yang diperlukan, baik yang berhubungan dengan studi literatur
maupun data empiris, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Kemudian untuk analisis data penulis menggunakan deskriptif
kualitatif model Miles and Huberman yaitu dengan mereduksi data, menyajikan
data dan menarik kesimpulan.
Hasil perencanaan itu dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di
kelas dan lingkungan sekolahan. Implementasinya meliputi: siswa membaca doa
sebelum memulai pelajaran pertama, siwa membaca asma ul husna secara
bersama-sama sebelum memulai pelajaran pertama, melakukan sholat dhuha,
sholat dhuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan wirid bersama, tahlil dan
istighosah, tawasuth, tasamuh, qanaah, dan tawadu.
19SK1921389.00 | SK PAI 19.389 KHU i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain