SKRIPSI EKOS
Perspektif Etika Bisnis Islam Tentang Strategi Pemasaran Di Batik Mahkota Ratu (Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan)
Pemasaran dapat diartikan sebagai ujung tombak bagi keberhasilan suatu
kegiatan usaha dalam mencapai tingkat keuntungan optimal sesuai tujuan yang
telah direncanakan. Pemasaran secara umum juga dikenal sebagai kegiatan untuk
mendistribusikan/menjual barang dan jasa perusahaan kepada konsumen. Batik
Mahkota Ratu merupakan pengrajin batik tradisional yang mengembangkan
usahanya melalui online sebagai media pemasarannya maupun offline. Diantara
produk Batik Mahkota Ratu yaitu meliputi batik tulis, dengan media antara lain
cutton primissima, sutera, ataupun sejenis lainnya, dan juga bersedia menerima
pesanan batik dengan desain nuansa motif dari pelanggan ataupun motif dari
Batik Mahkota Ratu sendiri.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi
pemasaran yang diterapkan pada Batik Mahkota Ratu dan strategi pemasaran yang
ditinjau dari etika bisnis Islam. Tujuannya untuk mengetahui strategi pemasaran
yang digunakan di Batik Mahkota Ratu dan strategi yang ditinjau dari etika bisnis
Islam. Kegunaan penelitian secara teoritis untuk mengembangkan wawasan
keilmuan terutama dibidang strategi pemasaran berbasis etika bisnis Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menerangkan bahwa perusahaan Batik Mahkota Ratu
telah menjalankan perusahaannya dengan baik tanpa melupakan etika bisnis yang
di ajarkan oleh Rasulullah SAW. Dan dari hasil wawancara dengan berbagai
narasumber menunjukkan bahwa perusahaan Batik Mahkota Ratu telah
menjalankan bisnis mereka sesuai dengan etika bisnis Islam. Telah menjalankan
konten Islami yang terdiri atas tiga hal pokok pertama penerapan karakteristik
pemasaran Islami, kedua penerapan etika bisnis Islam, ketiga mencontoh praktik
pemasaran Nabi Muhammad SAW. Berdasarkan sifat Nabi Muhammad SAW
yaitu : Shiddiq, Amanah, Fathanah, Tabligh.
19SK1941081.00 | SK EKOS 19.081 ANI p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain