SKRIPSI EKOS
Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Anggota Simpanan Tabungan Rizqi (SITAZQI) Pada KSPPS Minna Lana Kota Pekalongan
Semakin banyaknya lembaga jasa keuangan syariah seperti koperasi yang
bermunculan membuat perusahaan harus melakukan cara agar dapat menarik
nasabah dan mempertahankannya. Tujuan tersebut akan tercapai apabila
perusahaan melakukan proses pemasaran. Dalam pemasaran modern seperti ini
paradigma pemasaran telah bergeser, tidak hanya menciptakan transaksi untuk
mencapai keberhasilan pemasaran tetapi perusahaan juga harus menjalin
hubungan pelanggan dalam waktu yang panjang. Paradigma tersebut disebut
Relationship Marketing.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan
simultan antara variabel di dalam relationship marketing yang terdiri dari
kepercayaan, timbal balik, pertalian, dan empati terhadap loyalitas anggota
simpanan tabungan rizqi (SITAZQI) pada KSPPS Minna Lana Kota Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitin ini
berjumlah 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
purposive sampling. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) kepercayaan berpengaruh positif dan
siginifikan terhadap loyalitas anggota ditunjukkan dengan t hitung 3,310 > t tabel
1,985 dan nilai signifikansi 0,001 t tabel
1,985 dan nilai signifikansi 0,012 t tabel
1,985 dan nilai signifikansi 0,000 t tabel
1,985 dan nilai signifikansi 0,001 F tabel 2,47. Koefisien
determinasi sebesar 0,532 atau 53,2%. Hal ini menunjukkan bahwa loyalitas
anggota (Y) dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen yaitu variabel
kepercayaan, timbal balik, pertalian dan empati. Sedangkan sisanya sebesar 46,8%
dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
19SK1941077.00 | SK EKOS 19.077 ULY p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain