SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Secara Online Melalui Media Sosial Instragam (Studi Kasus Pada Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan Angkatan 2016)
Dengan adanya fenomena pergeseran makna penggunaan hijab yang saat ini menjadi sebuah fashion, maka hal ini dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis di Indonesia. Perkembangan zaman yang makin condong ke ranah digital tentu sangat membantu para pelaku bisnis dalam memasarkan produknya. Sekarang ini konsumen dapat menggunakan aplikasi media sosial untuk melakukan pembelian. Saat ini, Instagram telah menjadi aplikasi yang sangat digemari oleh pengguna Indonesia. Dalam hal ini mahasiswa menjadi kelompok yang paling sering dan aktif dalam mengakses media sosial dan melakukan pembelian online. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh kemudahan, kepercayaan, dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian online melalui media sosial Instagram.
Penelitian ini dilakukan di kampus IAIN Pekalongan pada 100 Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2016 dengan pengambilan sampel menggunakan metode Non Probability Sampling dan jenis teknik yang digunakan adalah Snowball Sampling. Metode pengumpulan data dengan teknik kuesioner yang diukur dengan skala likert, dan teknik analisis menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online melalui media sosial Instagram degan t hitung 3,246 > t tabel 1,985 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online melalui media sosial Instagram degan t hitung 8,789 > t tabel 1,985 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online melalui media sosial Instagram degan t hitung 2,838 > t tabel 1,985 dan nilai signifikansi 0,006 < 0,05. Dan F hitung 49,043 > F tabel 2,70 hasil ini menunjukkan bahwa kemudahan, kepercayaan dan celebrity endorser berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian online melalui media sosial Instagram, serta nilai signifikansi 0,000 < 0,005. Nilai adjusted koefisien determinasi (R2) sebesar 0,593 atau 59,3%
19SK1941076.00 | SK EKOS 19.076 ARZ p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain